1 Knot Berapa km/jam?

1 knot = 1 mil laut per jam
Knot adalah satuan kecepatan yang sama dengan 1 mil laut (nautcal mile) per jam atau sekitar 1,151 mil per jam. Berdasarkan standar ISO, simbol satuan knot adalah  kn. Simbol satuan knot yang juga populer adalah kt. Knot bukan satuan SI (sistem internasional), tetapi juga digunakan dalam satuan SI. Satuan knot digunakan dalam bidang navigasi laut dan navigasi udara serta bidang meteorologi.

Kapal pesiar

Konversi Satuan Knot ke Satuan Kecepatan Lainnya
Berikut beberapa konversi satuan knot internasional ke satuan kecepatan yang populer.

1 knot = 1 mil laut / jam  (nautical mile per hour)
1 knot = 1,852 kilometer / jam (eksak)
1 knot = 0,514 meter / detik (pembulatan)
1 knot = 1,151 mil / jam (pembulatan)
1 knot = 20,254 inch /detik (pembulatan).

Mengapa Kecepatan Kapal Menggunakan Satuan Knot?
Satuan jarak mil laut (nautical mile) dibedakan dengan mil biasa (mil darat). Satu mil laut didasarkan pada keliling lingkaran bumi, dan sama dengan 1 menit lintang (latitude). Satu mil laut sedikit lebih panjang dari 1 mil biasa ( mil laut = 1,151 mil biasa). Mil laut digunakan untuk pemetaan dan navigasi.

Secara harfiah knot berarti simpul tali. Sebutan knot sendiri bermula sejak abad ke 17, saat para pelaut mengukur kecepatan kapal mereka menggunakan alat yang disebut “chip log”. Alat ini berupa tali pada gelondong. Sepanjang tali terdapat simpul-simpul yang berjarak sama. Di ujung tali terdapat sekeping papan berbentuk potongan pizza (kira-kira seperempat lingkaran). Keping papan tersebut diturunkan dari bagian belakang kapal dan dibiarkan mengapung di belakang kapal saat kapal berjalan di permukaan air. Tali tersebut dibiarkan terulur dari gelondongannya saat papan mengapung di permukaan air selama selang waktu yang telah ditentukan. Pengukuran selang waktu pada masa itu menggunakan jam pasir. Setelah selang waktu yang ditentukan tercapai maka tali diambil untuk kemudian dihitung jumlah simpul yang telah terbentang di atas air. Kecepatan kapal dinyatan dalam jumlah simpul (knot) persatuan waktu yang digunakan.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *