Apa Arti Tulisan Quantity (Qty) pada Kemasan Barang?

Tulisan quantity pada kemasan barangBarang dagangan atau produk komersial biasanya dijual dengan kemasan tertentu seperti kotak, kaleng, toples, tabung dan lain sebagainya. Bahan-bahan kemasan barang tersebut dapat terbuat dari kayu, kertas karton, plastik, kain, dan lain sebagainya. Tujuan pengemasan barang tersebut antara lain untuk menjaga kualitas, menjaga kebersihan, memudahkan penataan, mempermudah pengangkutan, memperindah penampilan, dan lain sebagainya.

Kemasan barang juga menyediakan beberapa informasi tentang barang yang tersimpan di dalamnya. Informasi tersebut antara lain merek barang, tipe barang, fungsi barang, spesifikasi teknis dan lain sebagainya. Salah satu informasi yang sering kita lihat adalah tulisan “quantity” atau disingkat “qty” pada kemasan barang atau produk komersial. Tulisan ini selalu diikuti oleh angka.

Arti Kata Quantity
Quantity artinya jumlah barang atau banyaknya barang. Jika dalam satu kotak pensil tertulis “quantity 12 pcs”, artinya banyaknya pensil dalam kotak tersebut adalah 12 batang. Kata quantity telah diadopsi dalam bahasa Indonesia dengan kata “kuantitas”. Kuantitas merujuk kepada banyaknya benda baik yang dapat dihitung maupun yang tidak dapat dihitung. Untuk benda-yang tidak dapat dihitung, kuantitas adalah banyaknya benda dalam satuan kemasan yang lebih kecil, misalnya kotak (misal: susu bubuk, cereal, juice), bungkus (misal: mie, snack, kapas), pouch (misal: minyak goreng, sirup, sabun cair), sachet (misal: bumbu, shampoo, kwaci) dan lain sebagainya.

Apa Pentingnya Tulisan Quantity pada Kemasan Barang?
Tulisan quantity menyebutkan seberapa banyak benda atau produk yang ada di dalam kemasan tersebut. Beberapa barang dikemas dalam jumlah satuan, tetapi ada banyak barang yang dikemas dalam jumlah lebih dari satu. Barang yang dikemas dalam jumlah satuan biasanya barang yang berukuran besar, barang yang harganya mahal, atau barang yang biasa dibeli secara satuan. Barang-barang yang dikemas dalam jumlah lebih dari satu

Satuan Quantity
Kuantitas merupakan besaran, satuannya sangat bergantung pada nama bendanya. Satuan kuantitas barang/produk yang paling umum dalam bahasa indonesia adalah “buah” (biasa disingkat penulisannya dengan bh). Dalam bahasa Inggris, satuan umum untuk barang/produk adalah “piece” (disingkat pc) untuk satu barang tunggal atau “pieces” (disingkat pcs) untuk barang yang jumlahnya lebih dari satu.

Pada dasarnya satuan barang dapat menggunakan satuan yang paling sesuai. Berikut beberapa satuan barang dalam bahasa Inggris yang biasa terdapat pada kemasan barang atau produk komersial.

  • piece (potong) untuk menyatakan kuantitas barang-barang yang berukuran relatif kecil dan sederhana seperti seperti karet penghapus, lilin, coklat batangan, baju dan lain sebagainya. (Catatan: satuan piece juga digunakan untuk satuan barang secara umum atau barang yang tidak disebutkan khusus).
  • Unit (satuan) untuk menyatakan kuantitas barang-barang yang bentuk dan komponennya kompleks seperti seperti kulkas, sepeda, komputer dan lain sebagainya.
  • Bar (batang) untuk menyatakan kuantitas barang-barang berbentuk batang seperti cokelat batangan, snack batangan, mistar, dan lain sebagainya.
  • Tablet untuk menyatakan kuantitas barang-barang yang bentuknya seperti tablet (silinder pipih) seperti obat tablet, pupuk tablet, permen tablet, dan lain sebagainya.

Untuk barang/produk yang tidak bisa dihitung, maka dapat digunakan satuan kemasan yang lebih kecil, antara lain sebagai berikut.

  • Can (kaleng) untuk menyatakan kuantitas barang-barang dalam kaleng seperti minuman, oli, permen, dan lain sebagainya.
  • Pouch (kantong) untuk menyatakan kuantitas barang-barang dalam kantong seperti kentang goreng, minyak goreng, sabun cair, dan lain sebagainya.
  • Bottle (botol) untuk menyatakan kuantitas b.arang-barang dalam botol seperti kecap, minyak wangi, obat cair, dan lain sebagainya.
  • Nama bentuk geometri benda yang dipadatkan contohnya ball (bola, untuk cokelat butir dan permen butir), cube (kubus, untuk garam dan kaldu padat), tablet (tablet, untuk pil dan pupuk), dan lain sebagainya

Ragam Penulisan Quantity
Penulisan kuantitas bisa menggunakan satuan barang yang sesuai, contohnya:
• untuk karton komputer, Quantity : 1 unit
• untuk tabung vitamin, Quantity : 10 tablets
• untuk kemasan DVD, Quantity: 2 pieces

Penulisan kuantitas bisa menggunakan menggunakan nama barang sebagai satuan, contohnya:
• untuk kotak pensil, Quantity : 12 pencils
• untuk kemasan paket buku, Quantity : 10 books
• untuk kotak mouse komputer, Quantity: 1 mouse

Kadang kuantitas barang yang tertulis pada kemasan dinyatakan dalam satuan group contohnya:
• Quantity:  6 dozen (1 dozen = 12 buah)
• Quantity: 1 gross (1 gross = 144 buah)
• Quantity: 10 packs x 4 pcs

Jika barang bukan merupakan benda yang dapat dihitung, maka satuan kemasan yang lebih kecil tersebut dinyatakan dalam satuan volume atau satuan berat, contohnya:
• untuk karton minyak goreng, Quantity: 12 pouch @ 1 kg
• untuk karton oli, Quantity: 6 cans @ 2 litres
• untuk kemasan obat, Quantity: 6 strips x 4 tablets

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *