Apa Itu Angka Glukosa Darah dan Berapa Angka Glukosa Darah Normal?

Apa Itu Glukosa?
Karbohidrat adalah bahan makanan yang tersusun dari unsur-unsur karbon, oksigen, dan hidrogen. Gula adalah nama umum dari karbohidrat manis yang larut dalam air. Gula dapat berupa senyawa yang lebih sederhana  yaitu glukosa, fruktosa, atau laktosa. Jadi glukosa adalah salah satu senyawa gula dalam bentuk yang lebih sederhana.

Angka glukosa darah

Pentingnya Glukosa bagi Tubuh Kita
Glukosa adalah senyawa gula sederhana yang paling penting dan paling banyak diperlukan oleh tubuh kita. Melalui proses metabolisma, bahan makanan terutama karbohidrat diubah menjadi glukosa. Glukosa inilah yang diserap sel-sel tubuh kita untuk diubah menjadi energi. Tanpa glukosa sel-sel tubuh kita akan kelaparan dan kurang energi.

Pengertian Angka Glukosa Darah (Angka Gula Darah)
Angka glukosa darah adalah besaran yang menunjukkan banyaknya glukosa yang terkandung dalam setiap satuan volume darah. Satuan angka glukosa darah adalah milligram/deciliter (mg/dL) atau millimol/Liter (mmol/L). Karena masyarakat umum biasa menganggap glukosa identik dengan gula, maka glukosa darah seringkali disebut sebagai gula darah. Jadi istilah angka gula darah sesungguhnya adalah angka glukosa darah.

Pentingnya Mengetahui Angka Glukosa Darah
Angka glukosa darah yang terlalu tinggi disebut hiperglikemia. Jika hiperglikemia bersifat tetap maka disebut diabetes. Angka glukosa darah yang terlalu tinggi menujukkan bahwa sel-sel tubuh kita tidak dapat menyerap glukosa dengan semestinya sehingga tubuh kekurangan energi untuk mempertahankan fungsi sel. Angka glukosa darah yang terlalu rendah disebut hipoglikemia. Angka glukosa darah yang terlalu rendah menunjukkan ketersediaan glukosa tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Berapa Angka Glukosa Darah Normal?
Berikut ini panduan interpretasi hasil pemeriksaan angka glukosa darah bagi orang dewasa.

Tabel kriteria angka gluosa darah

Glukosa Darah Normal

  • Glukosa darah puasa 8 jam: 70-99 mg/dL
  • Glukosa darah 2 jam setelah makan:  kurang dari 140 mg/dL
  • HbA1c: kurang dari 5,7%

Pra-Diabetes (Impaired Fasting Glucose, IFG)

  • Glukosa darah puasa 8 jam: 100 – 125 mg/dL
  • Glukosa darah 2 jam setelah mengkonsumsi 75 g glukosa: 140 – 199 mg/dL
  • HbA1c: 5,7% – 6,4%

Diabetes

  • Glukosa darah puasa 8 jam: lebih sari 126 mg/dL (pada 2 kali tes secara berurutan)
  • Glukosa 2 jam setelah makan:  lebih dari 200 mg/dL
  • Glukosa darah tes sewaktu-waktu (random): lebih dari 200 mg/dL
  • HbA1c: lebih dari 6,5%

Jika hasil pemeriksaan darah, menujukkan kadar glukosa darah anda tidak normal, segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan mengenai cara memperbaiki angka glukosa darah  anda. Dokter anda mungkin akan menyarankan anda supaya mendapatkan perawatan, mengkonsumsi obat, atau melakukan perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup dapat berupa pengaturan konsumsi makanan (jenis, porsi, waktu makan), olahraga, berhenti merokok, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *