Apa Itu Angka Kolesterol Darah dan Berapa Angka Kolesterol Darah Normal?

Apa Itu Kolesterol?
Kolesterol adalah substansi jenis lemak yang berada di dalam tubuh manusia. Tubuh kita menghasilkan dan memerlukan kolesterol dalam jumlah tertentu dalam proses biologi yang disebut metabolisma. Selain diproduksi di dalam organ hati, kolesterol dalam tubuh kita juga berasal dari makanan yang kita makan. Beberapa bahan makanan yang mengandung kolesterol antara lain daging sapi, telur, produk susu, dan lain sebagainya.

Pengertian Angka Kolesterol Darah
Angka kolesterol darah adalah besaran yang menujukkan banyaknya kadar kolesterol dalam satuan milligram  yang terkandung dalam setiap deciliter darah. Satuan angka kolesterol darah adalah milligram/deciliter, biasanya satuan ini disingkat mg/dL.

Pentingnya Mengetahui Angka Kolesterol Darah
Kolesterol terlarut di dalam darah. Jumlah kolesterol dalam darah yang terlalu tinggi dapat terdeposit (menumpuk) pada dinding pembuluh darah yang selanjutnya bisa mengeras dan mempersempit pembuluh darah, bahkan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga darah tidak dapat mengalir. Jumlah kolesterol yang berlebihan dalam darah merupakan faktor resiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah) terutama penyakit jantung koroner dan stroke. Oleh karena itu setiap orang dewasa dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan secara berkala setidaknya sekali dalam satu tahun untuk mengetahui angka kolesterol darah.

Kolesterol HDL dan Kolesterol LDL
Ada dua jenis utama kolesterol yaitu high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL).
HDL dikenal sebagai “kolesterol baik” karena jenis kolesterol ini mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Dalam rentang angka normal, angka HDL yang lebih tinggi lebih menguntungkan dibandingkan dengan angka HDL yang rendah.
LDL dikenal sebagai “kolesterol jahat” karena jenis kolesterol ini berpotensi menyebabkan menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah. Secara umum, angka LDL yang lebih tinggi lebih beresiko dibandingkan dengan angka LDL yang rendah.

Berapa Angka Kolesterol Normal?
Berikut ini panduan interpretasi angka kolesterol darah bagi orang dewasa.

Tabel arti angka kolesterol

Angka Kolesterol total
– Angka koleserol total <200 (diharapkan)
– Angka koleserol total 200 – 239 (batas normal tertinggi)
– Angka kolesterol total >= 240 (tinggi)

Angka kolesterol HDL
– Angka kolesterol DL <40 (rendah)
– Angka kolesterol HDL 40 – 59 (diharapkan)
– Angka kolesterol HDL >=60 (tinggi)

Angka kolesterol LDL
– Angka kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL (yang diharapkan)
– Angka kolesterol LDL 100 – 129 (mendekati optimal)
– Angka kolesterol LDL 130 – 159 (batas normal tertinggi)
– Angka kolesterol LDL 160 – 189 (tinggi)
– Angka kolesterol LDL 190 atau lebih (sangat tinggi)

Jika hasil pemeriksaan darah anda menujukkan kadar kolesterol yang tidak normal, segera hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan mengenai cara memperbaiki angka kolesterol anda. Dokter anda mungkin akan menyarankan anda supaya mendapatkan perawatan, mengkonsumsi obat, atau melakukan perubahan pola hidup.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *