Apa Itu Rasio Aspek (Aspect Ratio) Suatu Gambar?

Definisi Rasio Aspek
Pengertian rasio aspek (aspect ratio) suatu gambar adalah angka yang menunjukkan perbandingan panjang dan lebar suatu bidang gambar yang dinyatakan sebagai panjang/lebar. Aspek rasio paling umum digunakan dalam dunia digital untuk menyatakan proporsi format tampilan image digital dan proporsi layar (screen) digital. Karena besaran panjang dan lebar suatu gambar atau tampilan memiliki satuan yang sama (seperti pixel, cm, inch, dsb) maka rasio aspek tidak memiliki satuan. Misalnya sebuah image foto digital memiliki panjang 400 pixel dan lebar 300 pixel maka rasio aspek foto tersebut adalah 4:3.

Angka rasio aspek atau aspect ratio

Penulisan Rasio Aspek
Ada dua cara penulisan aspek rasio. Cara pertama penulisan rasio aspek yaitu sebagai perbandingan paling sederhana dari panjang/lebar dalam bentuk panjang:lebar. Cara kedua penulisan rasio aspek yaitu sebagai angka desimal sederhana dari panjang/lebar dalam bentuk angka desimal:angka 1 dan seringkali hanya ditulis angka desimalnya saja. Contohnya Sebuah layar monitor memiliki panjang 32 cm dan tinggi 18 cm maka aspek rasio layar monitor tersebuat dapat ditulis sebagai 16:9 atau 1,77:1 atau 1,77.

Beberapa Aspek Rasio yang Umum
Meskipun layar (screen) berbagai perangkat digital dewasa ini hadir dalam berbagai proporsi misalnya 4:3, 16:9, 8:5, dsb namun pada umumnya perangkat digital tersebut dapat menampilkan image dan video dengan aspek rasio yang beragam. Berikut beberapa aspek rasio yang umum digunakan.
Aspek rasio 4:3 (1,33) banyak digunakan pada TV dan monitor komputer tradisional
Aspek rasio 16:9 (1,77) banyak digunakan pada TV, monitor komputer, format video modern
Aspek rasio 8:5 (1,6) banyak digunakan pada layar komputer
Aspek rasio 5:3 (1,6667) digunakan pada layar lebar (widescreen) standar Eropa
– Aspek rasio 1,85 digunakan pada sinema layar lebar (widescreen) standar USA
Aspek rasio 2,4 banyak digunakan pada sinema layar lebar (widescreen)

Hampir semua layar digital penampil gambar (televisi, monitor, smartphone, dsb) dewasa ini dapat menampilkan gambar dengan berberapa opsi angka rasio aspek.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *