Arti Tulisan PC atau PCS di Belakang Angka pada Kemasan Barang

Anda mungkin sering memperhatikan tulisan pc atau pcs di belakang angka pada kemasan barang. Misalnya pada kemasan barang ada tulisan “content 1 pc” atau “isi 12 pcs”. Pc atau pcs digunakan sebagai satuan kuantitas (satuan banyaknya benda). Berikut penjelasan lebih lanjut tentang arti dan penggunaan tulisan pc atau pcs yang tertera pada kemasan barang atau produk.

Satuan pcs

PC Singkatan dari Piece
Pc adalah singkatan dari piece, kosa kata dalam bahasa Inggris yang artinya potongan atau lembar yang menunjukkan satuan barang. Dalam tata bahasa Inggris, piece digunakan untuk menyatakan satu barang (kata benda tunggal). Namun demikian piece digunakan sebagai satuan umum untuk semua jenis barang termasuk barang yang bukan berbentuk potongan atau lembaran. Contohnya 1 pc DVD, 1 pc piring, 1 pc buku, dan lain sebagainya.

PCS Singkatan dari Pieces
Pcs adalah singkatan dari pieces, kosa kata dalam bahasa Inggris yang artinya potongan atau lembar yang menunjukkan satuan barang yang berjumlah lebih dari satu (kata benda jamak). Namun demikian pieces digunakan sebagai satuan umum untuk semua jenis barang termasuk barang yang bukan berbentuk potongan atau lembaran. Contohnya 2 pcs tas, 12 pcs pulpen, 100 pcs kelereng, dan lain sebagainya.

PC dan PCS Digunakan sebagai Satuan Umum
Meskipun makna sebenarnya dari piece atau pieces adalah potongan atau lembaran, namun satuan ini digunakan pada berbagai jenis barang sebagai satuan umum. Kata piece atau pieces paling tepat untuk menujukkan jumlah benda berbentuk potongan atau lembaran seperti kertas, papan, baju, dan lain sebagainya, namun digunakan juga untuk menunjukkan benda berbentuk lainnya misalnya botol, bulat, tongkat, dan lain-lain.

Dalam bahasa Indonesia banyaknya benda seringkali dinyatakan dengan satuan umum “buah” padahal pengertian asli buah digunakan untuk menyatakan buah-buahan misalnya 1 buah mangga, 2 buah kelapa atau 5 buah nangka. Namun satuan umum tersebut digunakan juga untuk menyebutkan jumlah benda-benda lainnya misalnya 3 buah komputer (lebih tepat 3 unit komputer), 7 buah pensil (lebih tepat 7 batang pensil), atau 15 buah baju (lebih tepat 15 lembar baju atau 15 helai baju).

Penggunaan satuan umum piece/pieces ini dilakukan untuk penyederhanaan dalam penulisan sehingga semua barang dianggap sama satuannya. Dalam bahasa komunikasi perdagangan, yang penting adalah angka dan bukan detail satuan.

Arti Tulisan CNT dan QTY pada Kemasan Barang
Angka dan satuan kuantitas (banyaknya barang) yang tertera pada kemasannya seringkali di dahului dengan tulisan CONTENT atau QUANTITY. Seringkali tulisan CONTENT disingkat dengan CNT. Sedangkan tulisan QUANTITY sering disingkat dengan QTY. Dalam bahasa Indonesia, CONTENT artinya ISI. Sedangkan QUANTITY adalah KUANTITAS atau BANYAKNYA BARANG. Sekarang anda sudah tahu maksud dari beberapa tulisan berikut ini.
Content 1 pc
Quantity 10 pcs
Isi 24 pcs
Cnt 1 pc
Qty 100 pcs
Content 12 pieces
Quantity 1 piece

Comments
  1. Oin Aziz

    thank’s….sangat membantu

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *