Berapa Angka Asam Urat Darah Normal?

Apa Itu Asam Urat (Uric Acid)?
Asam urat adalah salah satu senyawa yang dihasilkan dalam proses metabolisma tubuh. Tubuh kita menghasilkan asam urat yang diproduksi di hati dan mukosa usus. Asam urat dalam tubuh kita juga berasal dari pemecahan purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Asam urat terlarut dalam darah untuk kemudian dimanfaatkan tubuh. Pada dasarnya tubuh kita memiliki mekanisme untuk menjaga kadar asam urat dalam darah tetap terjaga normal dengan mengeluarkan kelebihan asam urat melalui urin. Kadar asam urat dalam darah dapat meningkat jika pembuangan kelebihan asam urat melalui urin tidak normal atau asupan makanan yang mengandung asam urat terlalu banyak.

Penyakit Asam Urat
Asam urat sebenarnya turut berperan dalam proses metabolisma tubuh dalam mencerna makanan unuk menghasilkan energi. Namun, jika asam urat dalam tubuh terlalu tinggi maka hal ini dapat menyebabkan radang sendi asam urat (gouty arthritis) atau lebih populer dikenal sebagai penyakit asam urat. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan asam urat tersebut menumpuk dan mengkristal di persendian terutama pada persendian jari-jari tangan dan kaki. Radang sendi asam urat ditandai dengan rasa nyeri dan kaku pada persendian dimana asam urat tersebut menumpuk dan mengkristal.

Pengertian Angka Asam Urat Darah
Angka asam urat darah adalah besaran yang menunjukkan banyaknya asam urat yang terkandung dalam setiap satuan volume darah. Satuan angka asam urat darah adalah milligram/deciliter (mg/dL) atau micromol/Liter (µmol/L). Angka asam urat darah juga sering disebut dengan kadar asam urat darah atau level asam urat darah.

Pentingnya Mengetahui Angka Asam Urat Darah
Hiperurikemia adalah kondisi seseorang yang memiliki kadar asam urat terlalu tinggi di dalam darahnya. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah meningkatkan resiko penyakit tertentu antara lain radang sendi asam urat dan batu ginjal asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah juga seringkali merupakan indikasi masalah kesehatan tertentu seperti penyakit ginjal, penyakit liver (sirrosis), leukemia, diabetes, batu ginjal, atau penyakit lainnya. Oleh karena itu mengetahui angka asam urat darah sangat penting untuk menjaga dan memantau kesehatan secara umum.

Angka Normal Asam Urat Darah
Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah seseorang, maka harus dilakukan dengan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium. Pria dan wanita memiliki batas normal angka asam urat darah yang berbeda. Batas angka normal asam urat darah untuk pria relatif lebih tinggi daripada batas normal pada wanita. Berikut rentang angka asam urat darah normal untuk pria, wanita, dan anak-anak.

Tabel angka asam urat darah

  • Pria: 3,4 – 7,0 mg/dL (202 – 416 µmol/L)
  • Wanita: 2,4 – 6,0 mg/dL (143 – 347 µmol/L)
  • Anak-anak: 2,0 – 5,5 mg/dL 119-327µmol/L)

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *