Berapa Jumlah Besaran Sudut dalam Suatu Bidang Segitiga?

Pengertian Bidang Segitiga
Suatu segitiga adalah bidang yang dibentuk oleh tiga buah garis lurus yang saling berpotongan. Sebuah segitiga memiliki tiga buah sisi dan tiga buah sudut.

Sisi-Sisi dalam Suatu Bidang Segitiga
Dalam suatu bidang segitiga terdapat tiga sisi. Pada  suatu bidang segitiga, setiap sisi dapat sama panjang atau berbeda. Jika suatu bidang segitiga yang memiliki ketiga sisi yang sama panjang, maka segitiga tersebut disebut segitiga sama sisi. Jika suatu bidang segitiga yang memiliki dua sisi yang sama panjang, maka segitiga tersebut disebut segitiga sama kaki.

Sudut-Sudut dalam Suatu Bidang Segitiga
Dalam suatu bidang segitiga terdapat tiga sudut. Pada  suatu bidang segitiga, besaran setiap sudut dapat sama atau berbeda. Pada bidang segitiga sama sisi, ketiga sudutnya yang sama besar. Pada bidang segitiga sama kaki, terdapat dua buah sudut yang sama besar.

Jumlah Besaran Sudut dalam Bidang Segitiga
Suatu bidang segitiga memiliki tiga sudut. Suatu segitiga dapat memiliki sudut lancip, sudut tumpul, atau sudut siku-siku. Sudut lancip adalah besaran sudut kurang dari 90 derajat. Sudut tumpul adalah besaran sudut lebih dari 90 derajat. Sudut siku-siku adalah besaran sudut 90 derajat.
Jumlah ketiga besaran sudut dalam suatu segitiga adalah 180 derajat. Pada segitiga sama kaki, ketiga sudutnya memiliki besaran yang sama yaitu 60 derajat (180 derajat dibagi 3).

Contoh Perhitungan Besaran Sudut dalam Bidang Segitiga
Berikut beberapa contoh cara menentukan sudut dalam sebuah bidang segitiga.
1. Soal: Selembar triplek berbentuk segitiga memiliki dua sudut sebesar masing-masing 55 derajat dan 65 derajat. Berapa besar sudut ketiga? (Petunjuk: Jumlah besaran sudut dalam segitiga 180 derajat). Jawab: Besaran sudut ketiga = 180 – 56 – 65 = 60 derajat.
2. Soal: Sebuah kertas berbentuk segitiga sama kaki dan memiliki dua sudut yang sama besar yaitu 35 derajat. Berapa besar sudut ketiga? (Petunjuk: Jumlah besaran sudut dalam segitiga 180 derajat). Jawab: Besaran sudut ketiga = 180 – 35 – 35 = 110 derajat.
3. Soal: Tentukan besarnya sudut-sudut pada suatu segitiga siku-siku sama kaki. (Petunjuk: Jumlah besaran sudut dalam segitiga 180 derajat). Jawab: Segitiga siku-siku memiliki salah satu sudut 90 derajat. Dalam segitiga sama kaki dua buah sudutnya sama besar. Jumlah besaran kedua sudut tersebut adalah 180 – 90 derajat = 90 derajat. Jadi kedua sudut yang bukan sudut siku-siku masing-masing adalah 45 derajat (90 derajat/2).
4. Soal: Tentukan sudut-sudut sebuah bidang segitiga yang memiliki panjang setiap sisi 30 cm. (Petunjuk: Jumlah besaran sudut dalam segitiga 180 derajat). Jawab: Jika sebuah segitiga memiliki panjang sisi yang ketiganya sama maka segitiga tersebut disebut segitiga sama sisi. Pada segitiga sama sisi ketiga sudutnya sama besar yaitu 60 derajat (180 derajat dibagi 3).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *