Berapa Jumlah Gigi Orang Dewasa dan Jumlah Gigi Susu Anak-Anak?

Gigi merupakan organ penting dalam sistem pencernaan. Gigi berguna untuk menghancurkan makanan yang kita makan sebelum dicerna lebih lanjut di dalam tubuh. Peran gigi dalam menghancurkan makanan sangat sistematis. Lebih dari itu mekanisme gerakan gigi membuat kita dapat menikmati citarasa makanan dengan lebih nikmat karena bagian lidah yang mengenali citarasa seperti manis, pahit, asin, dsb terdapat pada permukaan yang  berbeda-beda.

Gigi orang dewasa

Bagian-Bagian Gigi
Masing-masing gigi memiliki tiga bagian utama yaitu puncak/mahkota gigi, leher gigi dan akar gigi.
Puncak gigi atau mahkota gigi adalah bagian dari gigi yang tampak dari luar. Bagian ini memiliki lapisan pelindung yang disebut email.
Leher gigi adalah bagian dari gigi yang posisinya tertanam di dalam gusi. Bagian ini posisinya berada di bawah mahkota gigi dan di atas akar gigi.
Akar gigi adalah bagian ujung gigi yang tertanam di bawah rahang sehingga tidak tampak dari luar. Jumlah akar gigi untuk masing-masing jenis gigi tidak sama.

Jenis-Jenis Gigi dan Fungsinya
Pada dasarnya saat kita mengunyah makanan kita menggerakkan rahang sehingga semua gigi berperan dalam mengunyah makanan. Gerakan rahang mengunyah makanan tersebut sangat efisien. Hal ini dikarenakan masing-masing gigi kita memiliki lokasi, bentuk, dan peran yang beragam. Gigi kita dapat dikelompokkan menjadi 4 macam.

  • gigi seri (caninus)
  • gigi taring (insisivus)
  • gigi geraham kecil (premolar) atau gigi geraham depan
  • gigi geraham besar.(molar) atau gigi geraham belakang

Masing-masing kelompok gigi tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

Gigi seri (caninus) terdapat pada bagian depan. Saat kita bericara atau tertawa maka gigi inilah yang paling terlihat jelas.  Gigi seri adalah gigi yang memiliki satu akar. Gigi seri berperan dalam memotong makanan saat kita mengunyah makanan tersebut. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Orang dewasa memiliki 8 gigi seri, 2 di rahang atas dan 2 di rahang bawah.

Gigi taring (insisivus) terdapat pada sisi kanan dan kiri dari gigi seri. Gigi taring memiliki satu akar. Gigi taring berperan dalam mengoyak dan merobek makanan. Gigi taring berbentuk  tegak dan agak runcing. Orang dewasa memiliki 4 gigi taring, 1 di rahang atas sebelah kanan gigi seri, 1 di rahang atas di sebelah kiri gigi seri, 1 di rahang bawah di sebelah kanan gigi seri, dan 1 di rahang bawah sebelah kiri gigi seri.

Gigi geraham kecil (premolar) atau gigi geraham depan terdapat pada bagian samping kanan dan samping kiri. Gigi geraham kecil memiliki dua akar. Gigi geraham kecil berperan dalam menggiling dan menguyah makanan. Bentuknya rendah dan mahkotanya lebih lebar dan memiliki beberapa tonjolan. Orang dewasa memiliki 8 gigi geraham kecil, 2 dirahang atas sebelah kanan, 2 di rahang atas sebelah kiri, 2 di rahang bawah sebelah kanan, dan 2 di rahang bawah sebelah kiri.

Gigi Geraham Besar (molar) atau gigi geraham belakang terdapat pada bagian paling dalam dari rahang. Gigi geraham besar mempunyai dua atau tiga akar. Gigi geraham belakang berperan dalam menggilas, melumat, dan menghaluskan makanan. Gigi geraham besar memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi geraham kecil. Orang dewasa memiliki 12 gigi geraham besar, 3 dirahang atas sebelah kanan, 3 di rahang atas sebelah kiri, 3 di rahang bawah sebelah kanan, dan 3 di rahang bawah sebelah kiri.

Jumlah Gigi Orang Dewasa adalah 32 Gigi
Banyaknya gigi orang dewasa adalah 32 gigi dengan perincian sebagai berikut.

  • 8 gigi seri
  • 4 gigi taring
  • 8 gigi geraham kecil (geraham depan)
  • 12 gigi geraham besar (geraham belakang)

Susunan gigi pada orang dewasa

Jumlah Gigi Susu pada Anak-Anak adalah 20 Gigi
Gigi pertama yang tumbuh pada anak-anak disebut gigi susu. Gigi susu mulai tumbuh saat anak berusia sekitar 6 bulan, dan tumbuh lengkap saat anak berusia sekitar 2,5 tahun. Gigi susu ini akan tanggal satu persatu saat anak berusia sekitar 6 tahun kemudian digantikan dengan gigi permanen. Pada dasarnya susunan gigi susu pada anak-anak sama dengan susunan gigi permanen pada orang dewasa akan tetapi tanpa gigi geraham belakang.
Banyaknya gigi susu pada anak-anak adalah 20 gigi dengan perincian sebagai berikut.

  • 8 gigi seri
  • 4 gigi taring
  • 8 gigi geraham kecil (gigi geraham depan)

Susunan gisi susu pada anak-anak

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *