Berapa Jumlah Kartu Bridge (Kartu Remi)?

Kartu Bridge (Kartu Remi)
Kartu bridge adalah kartu permainan yang paling terkenal dan populer di dunia. Kartu bridge atau kartu poker, di Indonesia lebih dikenal dengan nama kartu remi. Permainan bridge, poker, dan remi masing-masing adalah permainan yang berbeda tetapi menggunakan kartu yang sama. Sebenarnya ada beragam jenis permainan populer lain yang juga menggunakan kartu ini misalnya blackjack, seven spade, heart, solitaire, dan lain lain. Di Indonesia selain remi ada beberapa permainan lain yang menggunakan kartu ini misalnya cangkulan/minuman, 41, capsa, dan lain-lain.

Kartu bridge kartu remi

Gambar pada Kartu Bridge (Kartu Remi)
Setiap kartu bridge berisi gambar yang berbeda-beda pada sisi depan kartu. Sisi depan kartu bridge berisi gambar simbol jenis kartu dan nilai kartu. Keempat simbol jenis kartu tersebut adalah sebagai berikut.

  • Spade (sekop/daun/waru) bergambar sekop warna hitam
  • Heart (hati) bergambar hati warna merah
  • Diamond (wajik) bergambar belah berlian warna merah
  • Clover/Club (keriting/cengkeh/semanggi) bergambar daun semanggi warna hitam

Untuk masing-masing simbol tersebut, ada 13 nilai kartu yaitu 1 (As), 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J (Jack), Q (Queen), dan K (King). Nilai kartu ini tercetak pada sudut kiri atas dan sudut kanan bawah kartu. Untuk kartu dengan nilai 1 sampai 10, di bagian tengah kartu terdapat gambar simbol jenis kartu dalam jumlah yang sama dengan nilai kartu. Untuk kartu dengan nilai J, Q, dan K terdapat gambar bangsawan dalam bentuk 2 potret yang digabung menyatu.Kartu dengan nilai J (Jack) bergambar pangeran (bahasa Inggris: Jack). Kartu dengan nilai Q (Queen) bergambar ratu (bahasa Inggris: Queen). Kartu dengan nilai K (King) bergambar raja (bahasa Inggris: King).

Jumlah Kartu Bridge (Kartu Remi) Adalah 52 Lembar
Banyaknya kartu bridge adalah 52 lembar. Keseluruhan kartu bridge terbagi menjadi 4 seri yaitu spade, heart, diamond, dan clover. Satu seri terdiri dari 13 nilai yaitu 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K. Sehingga jumlah kartu bridge adalah 4 x 13 = 52.

Berikut tabel nilai kartu pada masing-masing kartu bridge.

1S 2S 3S 4S 5S 6S 7S 8S 9S 10S JS QS KS
1H 2H 3H 4H 5H 6H 7H 8H 9H 10H JH QH KH
1D 2D 3D 4D 5D 6D 7D 8D 9D 10D JD QD KD
1D 2C 3C 4C 5C 6C 7C 8C 9C 10C JC QC KC

S = Spade
H = Heart
D = Diamond
C = Clover/Club

Gambar kartu bridge kartu remi lengkap

Urutan Nilai Poin Kartu Bridge (Kartu Remi) dalam Permainan
Meskipun kartu As memiliki nilai angka 1, namun dalam permainan kartu As memiliki nilai poin tertinggi. Di bawah kartu As ada kartu King, Queen, dan Jack. King (raja) lebih tinggi dari Queen (ratu), dan Queen lebih tinggi dari Jack (pangeran). Sedangkan kartu sisanya memiliki nilai poin sebanding dengan angka pada kartu. Jadi urutan nilai poin kartu bridge dari kartu tertendah sampai tertinggi adalah 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J (Jack), Q (Queen), K (King), dan As. Untuk angka yang sama, kartu gambar spade memiliki nilai poin tertinggi, diikuti kartu heart, diamond, dan clover. Jadi, urutan gambar dari poin yang terendah sampai poin tertinggi adalah clover, diamond, heart, dan spade.

Apakah Joker Termasuk Kartu Bridge (Kartu Remi)?
Kartu jokerDalam satu kotak kartu bridge (kartu remi) terdapat dua kartu joker, satu berwarna merah dan satu berwarna hitam. Kartu Joker adalah kartu tambahan pada permainan menggunakan kartu bridge. Pada umumnya kedua kartu joker tidak dipakai dalam kebanyakan permainan kartu. Kartu joker hanya dipakai jika disepakati oleh para pemain. Kartu joker dipakai sebagai kartu istimewa yang nilainya melebihi kartu manapun. Kartu joker merah bisa menjadi kartu heart atau diamond yang juga berwarna merah. Kartu joker hitam bisa menjadi kartu spade atau clover yang juga berwarna hitam. Jadi kartu joker nilainya tidak tentu.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *