Berapa Jumlah Kartu Domino?

Permainan kartu domino adalah salah satu permainan yang sangat populer di Indonesia. Permainan domino di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan permainan gaple. Kartu domino atau kartu gaple adalah kartu yang digunakan dalam permainan domino. Sebenarnya kartu domino juga dapat dimainkan dalam beberapa jenis permainan.

Kartu Domino

Jenis Kartu Domino
Ada dua jenis kartu domino berdasarkan bentuk fisiknya yaitu kartu domino kertas dan kartu domino balok. Katu domino kertas umumnya terbuat dari kertas, namun ada juga yang terbuat dari plastik. Biasanya gambar pada bidang depan kartu domino kertas berwarna merah. Kartu domino balok umumnya  atau dari plastik, namun ada juga yang terbuat dari kayu. Biasanya gambar pada kartu domino balok berwarna hitam atau merah dan tercetak tiga dimensi dalam bentuk cekungan. Kartu domino dewasa ini memiliki variasi warna yang sangat beragam.

Gambar pada Kartu Domino
Setiap kartu berisi gambar yang berbeda-beda pada sisi depan kartu. Sisi depan kartu terbagi menjadi dua bidang gambar oleh sebuah garis tengah. Masing-masing bidang tersebut berisi gambar bintik lingkaran dengan jumlah antara 0 (kosong) sampai dengan 6 bintik lingkaran.

Jumlah Kartu Domino Adalah 28 Lembar
Banyaknya kartu domino adalah 28 lembar. Setiap kartu berisi sepasang gambar yang berisi beberapa bintik yang mewakili nilai 0 sampai 6 yang terbagi menjadi dua bidang. Jadi dalam satu kartu domino terdapat sepasang nilai. Berikut tabel pasangan nilai pada masing-masing kartu domino.

0 – 0 0 – 1 0 – 2 0 – 3 0 – 4 0 – 5 0 – 6
  0 – 1 1 – 2 1 – 3 1 – 4 1 – 5 1 – 6
    2 – 2 2 – 3 2 – 4 2 – 5 2 – 6
      3 – 3 3 – 4 3 – 5 3 – 6
        4 – 4 4 – 5 4 – 6
          5 – 5 5 – 6
            6 – 6

Gambar kartu domino lengkap

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *