Berapa Jumlah Mata Dadu?

Dadu adalah alat bantu permainan yang sangat populer. Dadu biasanya terbuat dari bahan plastik atau kayu, tetapi ada juga dadu yang terbuat dari bahan yang lebih lembut misalnya kertas atau karet. Dadu biasa digunakan sebagai alat pengundi dalam permainan. Dadu misalnya digunakan dalam permainan ular tangga, ludo, monopoli, simulasi, dan lain sebagainya. Saat sebuah dadu di lempar, maka kita tidak tahu mata dadu yang akan berada pada bidang permukaan atas. Dalam permainan tertentu, dadu yang dilempar tidak hanya satu tetapi dua sekaligus. Dengan menggunakan mata dadu maka pengundian dianggap adil karena peluang setiap mata dadu untuk menang adalah sama.

Dadu

Bentuk Dadu
Bentuk dadu yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah bentuk kubus (kubik). Namun sebenarnya bentuk dadu tidak harus bentuk kubus. Pada kenyataannya dadu yang bukan kubus sangat jarang kita temukan digunakan untuk permainan. Selain dari dadu berbentuk kubus ada juga dadu berbentuk tetrahedron, octahedron, pentagonal trapezohedron,dodecahedron, dan icosahedron. Jika bentuk dadu tidak disebutkan, maka yang dimaksud adaah dadu kubus.

Gambar pada Bidang Permukaan Dadu
Dadu adalah benda pejal berbentuk kubus yang semua permukaannya diberikan bintik (pip) dengan jumlah yang berbeda-beda. Jumlah bintik pada permukaan dadu menyatakan nilai pada permukaan tersebut. Setiap permukaan dadu biasanya disebut mata dadu.

 Jumlah Mata Dadu adalah 6
Banyaknya mata dadu adalah 6. Sebuah kubus memiliki 6 bidang permukaan sehingga dadu berbentuk kubus memiliki 6 muka. Masing masing muka dadu berisi gambar bintik sebanyak 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Dalam sekali pelemparan dadu maka kemungkinan munculnya salah satu mata dadu adalah 1/6.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *