Berapa Jumlah Pemain, Wasit, dan Hakim Garis dalam Permainan Sepakbola?

Sepakbola adalah olahraga permainan yang paling populer di dunia. Permainan sepakbola banyak digemari oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Permainan sepakbola tidak hanya menjadi diminati sebagai aktivitas olahraga tetapi juga sebagai pertunjukan. Pertandingan sepakbola telah menjadi bagian penting dalam industri pertunjukan. Orang dapat menonton pertandingan sepakbola langsung stadion atau melalui channel audio visual komersial. Banyak bintang sepakbola menjadi sangat populer, bahkan menyamai popularitas tokoh dunia misalnya Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar, dan lain sebagainya. Tidak mengherankan profesi pemain sepakbola profesional menjadi salah satu cita-cita favorit anak-anak.

Jumlah pemain sepakbola

Tim Nasional Brazil pada Piala Dunia 2014

Berapa Jumlah Pemain Sepakbola?

Jumlah pemain sepakbola dalam satu tim adalah 11 orang. Kesebelas orang tersebut bekerjasama dengan berbagi peran. Berdasarkan area tugasnya kesebelas pemain tersebut berperan sebagai kiper (penjaga gawang), pemain belakang, pemain tengah dan pemain depan.

Kiper atau penjaga gawang bertugas menjaga gawang dari tembakan pemain lawan yang berusaha memasukkan bola ke gawangnya dengan tendangan kaki atau tandukan kepala. Seorang kiper memiliki hak istimewa yaitu boleh menangkap dan memegang bola di dalam area garis gawangnya dengan syarat tertentu. Kiper hanya boleh menangkap dari tendangan atau tandukan pemain lawan secara langsung. Kiper hanya boleh menangkap bola dari pemain satu tim jika pemain tersebut melakukan operan dengan tandukan kepala. Di luar area garis gawang, seorang kiper hanya boleh menendang bola atau mendribel bola (menggiring bola dengan kaki).

Pemain belakang lebih banyak bergerak di area pertahanan. Pemain belakang adalah pemain yang bertugas khusus mencegah pemain lawan mendekati area gawang. Dalam satu tim minimal ada dua pemain belakang. Pemain belakang harus ahli dalam menahan serangan lawan. Namun demikian seorang pemain belakang boleh bergerak kemana saja termasuk maju ke depan membantu serangan.

Pemain tengah lebih banyak bergerak di area tengah permainan. Pemain tengah adalah pemain yang bertugas khusus mengalirkan bola ke pemain depan di area serang. Dalam satu tim minimal ada dua pemain tengah. Pemain tengah harus dapat berperan ganda yaitu membantu pemain belakang saat diserang dan membantu pemain depan saat menyerang.

Pemain depan lebih banyak bergerak di area serang. Pemain depan adalah pemain yang bertugas khusus melakukan serangan ke area gawang lawan. Dalam satu tim minimal ada satu pemain depan. Pemain depan harus ahli dalam melakukan serangan dan mencetak gol. Namun demikian seorang pemain depan boleh bergerak kemana saja termasuk mundur ke belakang membantu pertahanan bersama pemain belakang.

 

Pemain Cadangan

Selain dari pemain aktif yang berada di lapangan, setiap tim memiliki beberapa pemain cadangan. Pemain cadangan dapat sewaktu-waktu menggantikan pemain yang ada di lapangan.

 

Berapa Jumlah Wasit dalam Permainan Sepakbola?

Dalam pertandingan sepakbola, pertandingan dipimpin oleh 1 orang wasit (referee). Wasit berperan sebagai hakim lapangan yang mengendalikan pertandingan dan memutuskan perkara saat terjadi perbedaan pendapat antara kedua tim. Seorang wasit harus memakai pakaian yang warnanya kontras (mudah dibedakan) dengan seragam kedua tim yang sedang bertanding. Seorang wasit dibekali dengan sebuah jam tangan, peluit, kartu kuning, kartu merah, buku catatan dan pulpen. Kadang-kadang dilengkapi juga dengan cat semprot busa untuk menandai titik tendangan bebas.

Tugas seorang wasit dalam pertandingan sepakbola antara lain sebagai berikut.

  • Menghentikan, menunda, atau mengakhiri pertandingan
  • Memutuskan untuk tidak dihentikan pertandingan meskipun ada pemain yang cedera karena cederanya dianggap ringan
  • Menghukum pemain yang dianggap melakukan pelanggaran
  • Menindak ofisial dan pemain cadangan yang dianggap melanggar aturan

Tugas wasit dalam permainan sepakbola antara lain sebagai berikut.

  • Menegakkan aturan permainan
  • Mengendalikan jalannya pertandingan bersama hakim garis
  • Memastikan bola memenuhi syarat
  • Memastikan bahwa perlengkapan pemain memenuhi syarat
  • Menjadi pengatur dan pencatat waktu dalam pertandingan
  • Memutuskan kapan pemain yang cedera boleh keluar dan kapan boleh masuk kembali
  • Memberi hukuman kepada pemain
  • Meminta pendapat hakim garis sebelum membuat keputusan
  • Memastikan tidak ada orang lain yang masuk lapangan selain dari pemain aktif
  • Memberi isyarat dimulainya kembali pertandingan yang dihentikan
  • Membuat laporan resmi pertandingan termasuk catatan pemberian hukuman kartu kuning/merah dan pergantian pemain.
Wasit Hakim Garis dan Petugas Keempat

Wasit Hakim Garis dan Petugas Keempat

Berapa Jumlah Hakim Garis dalam Permainan Sepakbola?

Dalam pertandingan sepakbola ada 2 orang hakim garis (linesman/lineswoman). Kedua orang hakim garis ini sering disebut juga asisten wasit (assistant referee, disingkat AR), karena perannya membantu wasit dalam menegakkan aturan pertandingan. Sesuai dengan namanya, tugas utama dari hakim garis adalah memastikan bahwa bola yang dimainkan selalu berada di dalam garis lapangan. Dalam membantu wasit, hakim garis menggunakan sebuah bendera hakim garis. Bendera ini digunakan untuk memberi tanda kepada wasit.

Tugas hakim garis antara lain sebagai berikut.

  • Memberi tanda saat bola keluar lapangan sekaligus tanda pihak mana yang berhak melempar bola ke dalam lapangan.
  • Memberi tanda saat seorang pemain tertangkap offside
  • Membantu proses pergantian pemain
  • Memberi pendapat kepada wasit tentang suatu pelanggaran jika wasit tidak melihat
Area Kerja Wasit dan Hakim Garis

Area Kerja Wasit dan Hakim Garis

Petugas Keempat

Dalam pertandingan resmi, selain dari ketiga petugas tersebut (1 wasit dan 2 hakim garis) terdapat 1 orang petugas keempat (fourth official). Petugas keempat ini sering disebut juga dengan wasit penggantian (replacement referee, disingkat RR) karena tugas utamanya membantu pergantian pemain. Petugas keempat dilengkapi papan (board) yang menampilkan nomor punggung pemain dalam pergantian pemain dan menampilkan waktu tambahan (injury time) menjelang waktu normal pertandingan berakhir.

Tugas seorang petugas keempat antara lain sebagai berikut.

  • Membantu tugas administratif sebelum pertandingan, saat pertandingan, dan setelah pertandingan.
  • Menilai kelayakan perlengkapan para pemain
  • Menjamin pergantian pemain sesuai aturan
  • Memberi tanda papan nomor punggung pemain yang digantikan dan yang menggantikan
  • Memberi tanda papan waktu tambahan (injury time) kepada pemain dan penonton saat akan berakhirnya waktu normal setiap babak.
  • Menjaga ketertiban pelatih, ofisial, pemain cadangan, atau pihak lainnya di pinggir lapangan

 

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *