Berapa Jumlah Petak pada Papan Catur dan Berapa Jumlah Buah Catur?

Papan catur dan buah catur

Permainan catur adalah permainan strategi yang mengandalkan kemampuan otak. Permainan ini dapat dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Meskipun tidak semua orang suka bermain catur, namun pada umumnya orang mengenal permainan ini dengan baik.

Untuk bermain catur hanya diperlukan sebuah papan catur beserta sejumlah buah catur. Papan catur biasanya berupa papan yang dapat dilipat. Jika dilipat, papan catur ini sekaligus menjadi kotak penyimpanan buah catur. Saat dibentangkan, papan catur menyediakan bidang permainan catur berbentuk bujursangkar.

Papan catur klasik terbuat dari kayu. Papan catur modern dapat terbuat dari papan, triplek, plastik, atau pelat logam. Buah catur klasik terbuat dari kayu yang diukir, sampai saat ini masih populer disamping buah catur modern yang terbuat dari plastik. Pada beberapa set perlengkapan catur modern, papan catur dilapisi dengan pelat logam sedangkan buah catur diberi magnet tablet pada bagian bawahnya. Biasanya buah catur yang diberi magneit terbuat dari plastik.

Berapa Jumlah Bujursangkar pada Papan Catur?
Papan catur terbagi menjadi beberapa bujursangkar berwarna hitam atau “dark” (gelap) dan putih atau “light” (terang) secara berselang-seling. Jumlah bujursangkar pada papan catur ada 64, terdiri dari 32 bujursangkar hitam dan 32 bujursangkar putih.  64 bujursangkar tersebut terdiri dari 8 baris atau “rank” dan 8 kolom atau “file”.

Papan catur

8 kolom diberi nama alfabet, dari kiri ke kanan masing-masing bernama kolom (file):  a, b, c, d, e, f, g, dan h. Sedangkan 8 baris diberi nama huruf, dari bawah ke atas masing-masing bernama baris (rank): 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8.

Untuk memudahkan dalam mencatat posisi  bujursangkar, masing-masing bujursangkar memiliki nama berbeda. Masing-masing bujursangkar diberi nama berdasarkan posisi kolom dan baris. Posisi d1 adalah posisi bujursangkar kolom d baris 1. Demkian pula dengan posisi e4 adalah posisi bujursangkar kolom e baris 4.

Berapa Jumlah Buah Catur?
Buah catur terdiri dari satu set buah catur hitam dan satu set buah catur putih. Satu set buah catur hitam ada 16 buah, dan satu set buah catur putih ada 16 buah. Sehingga keseluruhan buah catur ada 32 buah.

Satu set buah catur (yang sewarna) terdiri dari:
1 Raja (King)
1 Ratu (Queen)
2 Menteri (Bishop)
2 Kuda (Knight)
2 Benteng (Rook)
8 Pion (Pawn)

Karakter Masing-Masing Buah Catur
Nama buah catur

Raja (King)
Raja memiliki postur paling tinggi. Raja dapat bergerak ke mana saja (depan, belakang, kiri, kanan, serong), tetapi hanya 1 langkah. Jika raja mati, maka permainan berakhir. Oleh karena itu sedapat mungkin pemain harus menghindari raja dari ancaman “skak” (check) dari buah catur lawan.

Ratu (Queen)
Ratu juga populer dengan sebutan ster. Ratu memiliki postur yang sama tingginya dengan raja. Ratu dapat bergerak ke mana saja (depan, belakang, kiri, kanan, serong) dengan jumlah langkah bebas, selagi tidak ada yang menghalangi.

Menteri (Bishop)
Nama lain dari menteri adalah lajuk, gajah, atau peluncur. Bergeraknya menteri dalam jumlah langkah bebas tetapi hanya diagonal. Menteri di kotak putih hanya bisa menjelajah sepanjang diagonal kotak putih, dan menteri di kotak hitam hanya bisa menjelajah sepanjang diagonal kotak hitam.

Kuda (Knight)
Kuda memiliki cara melangkah yang paling unik. Kuda bergerak dalam bentu letter-L dengan langkah 2-3 (2 petak menyamping + 3 petak maju/mundur) atau langkah 3-2 (3 petak menyamping + dua petak maju/mundur). Hebatnya lagi kuda bisa melompati buah catur lainnya.

Benteng (Rook)
Benteng hanya dapat bergerak menyamping atau maju/mundur (tidak bisa serong) dengan jumlah langkah bebas. Istimewanya benteng ini dapat menempati posisi raja dengan menggeser posisi raja (dengan syarat tertentu), langkah ini disebut lukir atau blokir (castling).

Pion (Pawan)
Jumlah pion paling banyak yaitu 8 buah. Pion disebut juga bidak, prajurit, atau askar. Pion hanya dapat melangkah satu langkah ke depan (kecuali pada langkah pertama, bisa 2 langkah ke depan). Pion hanya dapat “memakan” buah buah catur lawan dengan gerakan serong satu langkah ke depan.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *