Berapa Jumlah Trombosit Normal dalam Darah?

Apa Itu Trombosit?
Trombosit atau keping darah (platelet) adalah salah satu komponen penyusun darah. Jumlah trombosit dalam darah dapat menjadi indikasi kondisi kesehatan seseorang. Misalnya pada orang yang terkena penyakit demam berdarah (DB), trombosit dalam darahnya akan turun secara drastis. Saat anda sakit dan memeriksakan diri ke klinik, anda mungkin diminta untuk menjalani tes darah. Pemeriksaan darah juga menjadi bagian utama dalam cek kesehatan rutin yang disarankan oleh ahli kesehatan.

Angka Trombosit Darah
Angka trombosit darah adalah jumlah trombosit darah tiap satuan volume darah. Angka trombosit darah dinyatakan dalam juta platelet/L (juta platelet per liter) atau ribu platelet/µL (ribu platelet per microliter).

Angka Trombosit Darah Normal
Angka trombosit normal dalam darah adalah 150-450 juta/L (150–450 ribu/µL).

Angka trombosit darah

Trombositosis
Trombositosis adalah kondisi darah seseorang yang mengandung terlalu banyak trombosit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh gangguan produksi trombosit. Gangguan produksi trombosit dapat disebabkan oleh masalah kesehatan seperti anemia, kanker, peradangan (inflamasi) atau infeksi.

Trombositopenia
Trombpsitopenia adalah kondisi darah seseorang yang mengandung terlalu sedikit trombosit. Kondisi ini dapat disebabkan masalah kesehatan misalnya kanker, kemoterapi, gangguan fungsi ginjal, dan masalah kesehatan turunan dari orangtua.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *