Berapa Jumlah Tulang Rusuk pada Pria dan Wanita?

Tulang adalah kerangka tubuh yang berfungsi sebagai pembentuk tubuh dan pelindung organ-organ penting di dalam tubuh. Tulang rusuk (bahasa Latinnya costae) atau disebut juga tulang iga adalah tulang yang memberi bentuk dada dan melindungi organ-organ penting di dalam rongga dada. Organ-organ penting yang berada di dalam rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk antara lain jantung, paru-paru, hati, empedu, limfa, pankreas dan usus.

Jumlah tulang rusuk manusia 12 pasang

Image source: Encyclopedia Britannica (britannica.com)

Jumlah Tulang Rusuk Manusia Ada 24 (12 Pasang)
Banyaknya tulang rusuk pada pria maupun wanita adalah 24 (12 pasang) terdiri dari 12 tulang rusuk kanan dan 12 tulang rusuk kiri. Keduabelas pasang tulang rusuk ini membentuk sangkar bagi organ-organ penting yang berada di dalam rongga dada.

Struktur tulang rusuk sangat kokoh dan efektif dalam memberi bentuk pada bagian lingkar dada dan memberi perlindungan pada organ tubuh yang dilindungi. Tulang rusuk merupakan sekumpulan tulang memiliki bentuk dan peran yang agak berbeda.

Susunan Tulang Rusuk Manusia
Keduabelas pasang tulang rusuk tersebut dibedakan menjadi tiga kelompok berikut.

  • 7 pasang tulang rusuk sejati (bahasa Latinnya costae verae) atau rusuk vertebrosternal. Kelompok tulang rusuk sejati posisinya paling atas yaitu nomor 1 sampai 7. Ujung belakang tulang rusuk sejati melekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya melekat pada tulang dada (sternum).
  • 3 pasang tulang rusuk palsu (bahasa Latinnya costae sporia). Tulang rusuk palsu berada pada posisi nomor 8 sampai 10. Ujung belakang tulang rusuk palsu meelekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya melekat pada tulang rusuk di atasnya yaitu tulang rusuk nomor 7.
  • 2 pasang tulang rusuk melayang (bahasa latinnya costae fluctuantes) atau rusuk vertebral. Tulang rusuk melayang berada pada posisi nomor 11 dan 12. Ujung belakang tulang rusuk belakang melekat pada tulang belakang, sedangkan ujung depannya tidak terhubung dengan tulang lain.

Bentuk Tulang Rusuk Manusia
Keduabelas tulang rusuk yang terhubung ke tulang belakang membentuk kerangka menyerupai sangkar rongga dada. Tulang rusuk pertama bagian depannya melekat pada bagian atas tulang dada (tulang dada hulu) dan bagian belakangnya melekat pada tulang belakang. Tulang rusuk pertama ini memiliki bentuk yang unik dan lebih keras dari tulang-tulang rusuk lainnya. Bentuknya pendek seperti huruf C. Tulang rusuk nomor 2 sampai 7 memiliki bentuk yang lebih tradisional dan semakin kebawah semakin panjang dan lengkungannya semakin melebar.

Tulang dada (sternum) sendiri sebenarnya terdiri dari tiga bagian yaitu tulang dada hulu (manubrium sternum), tulang dada badan (corpus sternum), dan tulang dada taju pedang (proccesus xyphoideus).Tulang dada bentuknya memanjang dari tulang tulang rusuk pertama ke arah bawah yang ujungnya hanya sampai pada tulang rusuk nomor 7.

Tulang rusuk nomor 8 sampai 10, bagian depannya  tidak terikat pada tulang dada, melainkan terikat pada tulang rusuk nomor 7. Tulang rusuk nomor 11 dan 12, bagian depannya tidak terikat pada tulang lainnya dan hanya menutupi sisi samping dari rongga dada . Oleh karena itu di bawah tulang dada, bentuk sangkar ini terbuka. Hal ini memberikan keleluasaan otot perut untuk bergerak yang memudahkan kita membungkukkan tubuh atau memutar pinggang dengan mudah dan nyaman.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *