Berapa Jumlah Zodiak? Jawabnya 12, Ini Daftarnya Berdasarkan Tanggal Lahir

Gambar tanda zodiak

Kita sering mendengar istilah zodiak seseorang atau bintang seseorang berkaitan dengan ramalan nasib. Sebenarnya istilah zodiak lebih dahulu dikenal dalam bidang astronomi (ilmu falak/ilmu perbintangan). Berikut ini akan dijelaskan mengenai zodiak dalam istilah astronomi dan dalam bidang astrologi. Jika anda ingin mengetahui zodiak anda atau zodiak sesorang berdasarkan tanggal lahirnya, anda bisa mendapatkan informasi tersebut di bawah ini.

Pengertian Zodiak dalam Bidang Astronomi
Apa Itu Zodiak? Kata Zodiak berasal dari bahasa Yunani “Zoodiacos Cyclos” yang berarti “Lingkaran Hewan”. Istilah zodiak digunakan sebagai nama sabuk khayal di langit yang berpusat pada lingkaran ekliptika. Namun, istilah zodiak juga merujuk pada rasi-rasi bintang yang dilewati oleh sabuk tersebut, yang jumlahnya ada 12.

Ilustrasi sabuk ekliptika

Ilustrasi sabuk ekliptika (sumber gambar: www.wikipedia.org)

Bumi dalam orbitnya mengelilingi matahari menyebabkan matahari terlihat pada bola angkasa yang bergerak sepanjang ekliptik (lintasan merah), dengan kemiringan 23,44° terhadap ekuator angkasa (lintasan biru-putih)

Zodiak adalah wilayah di langit sampai dengan 8° utara atau selatan ekliptik, yang juga merupakan jalur matahari melintasi bola angkasa dalam perjalanan tahun tersebut. Jalur-jalur bulan dan planet yang tampak juga berada dalam sabuk zodiak tersebut.

Dalam astronomi, zodiak dibagi menjadi 12 tanda yang masing-masing menempati 30° garis bujur angkasa dan kurang lebih bersesuaian dengan rasi bintang Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

Apa Itu Lingkaran Ekliptika? Pada bola langit terdapat garis khayal berbentuk lingkaran yang dinamakan lingkaran ekliptika. Benda-benda tata surya (matahari, planet, bulan) jika diamati dari bumi terlihat berada di wilayah langit yang memotong lingkaran ekliptika tersebut. Jadi zodiak merupakan rasi-rasi bintang yang terdapat disepanjang lingkaran ekliptika.

Ilustrasi zodiak di langit

Ilustrasi zodiak di langit (sumber gambar: www.earthsky.org)

Nama-nama rasi bintang tersebut beserta tanggal zodiaknya  adalah sebagai berikut.
• Aries (21 Maret – 20 April) simbolnya domba
• Taurus (21 April – 21 Mei) simbolnya banteng
• Gemini (22 Mei – 21 Juni) simbolnya kembar
• Cancer (22 Juni -22 Juli) simbolnya kepiting
• Leo (23 Juli – 22 Agustus) simbolnya singa
• Virgo (23 Agustus – 23 September) simbolnya gadis perawan
• Libra (24 September – 23 Oktober) simbolnya timbangan
• Scorpio (24 Oktober – 22 November) simbolnya kalajengking
• Sagittarius (23 November – 21 Desember) simbolnya panah (Centaur)
• Capricorn (22 Desember – 20 Januari) simbolnya kambing gunung
• Aquarius (21 Januari – 19 Februari) simbolnya kendi air
• Pisces (20 February – 20 Maret) simbolnya ikan

Zodiak dalam Bidang Astrologi
Astrologi adalah ilmu yang menghubungkan antara gerakan benda-benda dalam sistem tata surya (matahari, planet, bulan) dengan nasib manusia, misalnya yang berkaitan dengan keberuntungan, jodoh, rezeki, dan lain sebagainya. Karena benda-benda dalam sistem tata surya tersebut beredar di sepanjang lingkaran ekliptika, tentu saja pergerakannya di antara zodiak.

Dalam pandangan astrologi setiap orang memiliki tanda zodiak yang bersesuaian dengan tanggal kelahirannya. Tanda zodiak seseorang ditentukan berdasarkan zodiak tempat kedudukan matahari pada tanggal kelahirannya. Seseorang yang lahir di awal bulan Agustus maka tanda zodiaknya adalah Leo. Karena pada tanggal tersebut kedudukan matahari berada di wilayah rasi bintang Leo.

Catatan:
Sebenarnya posisi Matahari dibedakan antara waktu tropikal dan waktu sideral, sehingga ada 2 macam zodiak, yaitu zodiak tropikal dan zodiak sideral. Dalam bidang astrologi, yang digunakan sebagai pedoman adalah zodiak tropikal.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *