Berapa Kecepatan Cahaya?

Kecepatan cahaya dalam ruang vakum yang biasanya disimbolkan dengan huruf c, merupakan konstanta fisika universal yang penting dalam banyak bidang fisika. Nilai kecepatan cahaya dalam vakum adalah 299.792.458 meter per detik. Nilai ini merupakan nilai eksak karena digunakan dalam karena digunakan untuk mendefinisikan satuan meter standar (sebagai satuan panjang), juga untuk mendefinisikan waktu standar internasional. Nilai kecepatan cahaya ini setara dengan sekitar 186.000 mil per detik atau sekitar 671juta mil per jam.

Cahaya lampu senter

Berdasarkan teori reativitas khusus, c adalah kecepatan maksimum dimana semua materi dan informasi di alam semesta dapat berpindah. Dalam teori relativitas, c memiliki hubungan dengan ruang dan waktu, dan juga terdapat pada persamaan kesetaraan massa dengan energi Einstein E = m.c2 (E adalah energi, m adalah massa, c adalah kecepatan cahaya).

Secara eksak nilai konstanta kecepatan cahaya adalah 299.792.458 m/s atau 299.792,458 km/s. Angka konstanta ini dalam literatur populer seringkali dinyatakan dalam nilai pembulatan. Berikut beberapa nilai kecepatan cahaya dalam satuan-satuan kecepatan yang paling umum.

Kecepatan cahaya

  • Kecepatan cahaya dalam satuan meter per sekon = 3 x 108 m/s
  • Kecepatan cahaya dalam satuan kilometer per sekon = 3 x 105 km/s
  • Kecepatan cahaya dalam satuan kilometer per jam = 1,08 x 109 km/jam
  • Kecepatan cahaya dalam satuan mil per sekon = 1,86 x 105 mil/s
  • Kecepatan cahaya dalam satuan mil per jam = 6,71 x 108 mil/jam

Catatan: s = sekon (detik)

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *