Berapa Kecepatan Suara?

Suara yang kita dengar dari suatu sumber suara merambat melalui medium misalnya udara. Semakin jauh jarak kita dari sumber suara, maka akan semakin lama suara itu sampai ke telinga kita. Contoh populer dari kasus ini adalah saat kta melihat halilintar. Jika kita melihat halilintar di langit, pada awalnya kita hanya melihat cahaya (kilat), lalu beberapa saat kemudian baru kita mendengar suara halilintar. Hal ini terjadi karena kecepatan cahaya jauh lebih tinggi dari kecepatan suara.

Serigala

Pengertian Kecepatan Suara
Definisi kecepatan suara adalah jarak tempuh gelombang suara saat berpropagasi melalui medium elastis persatuan waktu.

Kecepatan Suara di Udara
Pada udara kering suhu 20 °C (68 °F), kecepatan suara adalah 343,2 meter per detik. Kecepatan ini sama dengan 1.126 kaki/detik atau 1.236 km/jam atau768 mil/jam atau 667 knot. Dengan kecepepatan ini, suara dapat menempuh jarak 1 kilometer dalam waktu 2,915 detik atau menempuh jarak 1 mil dalam waktu 4,689 detik.

Kecepatan suara

Kecepatan suara dalam medium gas ideal hanya bergantung pada temperatur dan komposisi medium tersebut. Kecepatan suara sedikit dipengaruhi frekuensi dan tekanan pada udara biasa, sedikit berbeda dari sifat ideal.

Kecepatan Suara Bergantung pada Medium
Dalam pembicaraan sehari-hari, kecepatan suara merujuk pada kecepatan gelombang suara di udara. Sebenarnya kecepatan suara berbeda-beda bergantung pada mediumnya. Gelombang suara bergerak lebih lambat pada medium gas, lebih cepat pada medium cair, dan lebih cepat lagi pada medium padat. Contohnya suara bergerak dengan kecepatan 343,3 meter/detik dalam udara, 1.484 meter perdetik dalam air, dan 5.120 meter dalam besi. Dalam bahan yang luar biasa keras seperti intan, suara bergerak pada kecepatan 12.000 meter/detik yaitu kisaran kecepatan maksimum suara pada kondisi normal.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *