Berapa Tinggi Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Towers)?

Gambar Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas adalah bangunan yang menjadi ikon bukan hanya bagi kota Kuala Lumpur tetapi juga bagi negara Malaysia. Siapapun yang berkunjung ke Malaysia pasti ingin mengunjungi bangunan kembar ini. Menara ini terkenal karena keunikannya dan reputasinya yang pernah menjadi menara tertinggi di dunia. Banyak orang penasaran mengenai berapa tinggi kedua bangunan ini.

Sebenarnya, Menara Kembar Petronas adalah bangunan perkantoran yang dibangun menyatu dengan pusat perbelanjaan dan sejumlah fasilitas masyarakat perkotaan. Kedua menara ini masing-masing disebut Menara Satu dan Menara Dua. Menara Satu sepenuhnya ditempati oleh perusahaan minyak milik negara Malaysia yang bernama Petronas, beserta anak perusahaan dan perusahaan asosiasinya. Menara Dua sebagian besar ditempati perusahaan-perusahaan multinasional seperti Accenture, Al-Jazeera, Barclays Capital, Bloomberg, Boeing, IBM, McKinsey & Co., Microsoft, Reuters dan lain-lain.

Tinggi Menara Petronas
Tinggi Menara Kembar Petronas adalah 452 meter (1,483 feet). Saat Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Towers) selesai dibangun pada tahun 1998, kedua menara ini dideklarasikan sebagai menara tertinggi di dunia, melampaui Willis Tower di Chicago AS  yang tingginya 442 meter. Rekor ini dipegang Menara Kembar Petronas selama 4 tahun, sampai akhirnya dilampaui oleh Menara Taipei 101 (508 meter) pada tahun 2004. Sampai saat ini Menara Kembar Petronas masih menjadi gedung kembar tertinggi di dunia. Berikut spesifikasi teknis Menara Kembar Petronas.

Tinggi arsitektural: 452 meter (1,483 feet)
Tinggi Puncak (tip): 452 meter (1,483 feet)
Atap: 378.6 meter (1,242 feet)
Lantai paling atas (top floor): 375 meter (1,230 feet)
Jumlah lantai: 88 (+5 di bawah tanah)
Luas lantai (floor area): 395,000 m2 (4,252,000 sq ft)
Jumlah lift/elevator: 40 (masing-masing menara)

Fakta-Fakta tentang Menara Kembar Petronas
Lokasi: Jalan Ampang, Kuala Lumpur, Malaysia
Peletakan batu pertama (groundbreaking): 1 January 1992
Mulai konstruksi: 1 Maret 1993
Selesai konstruksi: 1 Maret 1996
Peresmian: 1 Agustus 1996
Renovasi : 1 Januari 1997
Pemilik : KLCC Holdings Sdn Bhd
Arsitek:  César Pelli
Developer: KLCC Holdings Sdn Bhd
Structural engineer:            Thornton Tomasetti
Kontraktor utama Tower 1: Hazama Corporation
Kontraktor utama Tower 2: Samsung Engineering & Construction dan Kukdong Engineering & Construction
Kontraktor utama City Center: B.L. Harbert International

Pembangunan Menara Kembar Petronas
Menara Kembar Petronas dirancang oleh arsitek Argentina bernama Cesar Pelli. Pemilik memilih desain gaya postmodern unik untuk menciptakan ikon abad 21 bagi Kuala Lumpur. Perencanaan Menara Petronas dimulai paada 1 Januari 1992 dan termasuk pengujian dan simulasi desain terhadap beban struktur dan angin. Konstruksi memakan waktu 7 tahun pada lokasi bekas arena pacuan kuda Selangor Turf Club, dimulai dari penggalian yang melibatkan pemindahan 500 truk tanah setiap malam untuk membuat galian sedalam 30 meter (98 feet) dari permukaan tanah.

Konstruksi super-struktur dimulai 1 April 1994. Interior dan furnitur dilengkapi pada 1 Januari 1996, puncak Menara 1 dan Menara 2 selesai pada 1 Maret 1996, dan pertama kali karyawan Petronas pindah ke Menara Petronas pada 1 Januari 1997. Kedua menara ini secara resmi dibuka oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Dr. Mahathir bin Mohamad pada 1 Agustus 1999.

Apa yang Menarik di Menara Kembar Petronas?
Siapapun yang pertama kali ke Kuala Lumpur, pasti ingin melihat Menara Kembar Petronas. Ada sejumlah fitur yang dimiliki gedung kembar ini yang membuatnya menarik minat wisatawan lokal Malaysia apalagi wisatawan asing.

Dasar Menara Kembar Petronas adalah Suria KLCC, sebuah mall pusat perbelanjaan yang sangat populer bagi para turis lokal Malaysia maupun turis mancanegara. Membentang ke sisi dari Menara Kembar petronas adalah lansekap Taman KLCC yang luas dan indah dengan fitur jogging track, walking path, air mancur, sebuah wading pool untuk anak-anak.

Selain dari mall dan taman tersebut, Menara Kembar Petronas memiliki sebuah host atraksi-atraksi lain termasuk Galeri Seni Petronas (Petronas Art Gallery) dan Kuala Lumpur Convention Centre. Ada pula pusat iptek Petrosains Science Centre terdapat di sini pada bagian dalam Suria KLCC: fasilitas ini berupa pusat penemuan iptek interaktif yang memamerkan hal-hal yang berkaitan dengan industri minyak bumi mulai dari asal mula minyak bumi di zaman dinosaurus sampai dengan produk-produk mutakhir dari bahan minyak bumi.

Satu fitur Menara Kembar Petronas yaang terkenal lainnya adalah Dewan Filharmonik Petronas concert hall. Tempat pagelaran musik klasik yang menonjol di Asia Tenggara. Berlokasi di antara dua menara, desain arsitektural fasilitas ini  menuai pujian sebagai salah satu concert hall terbaik di dunia.

Menara Kembar Petronas memiliki deck observasi pada tingkat 86 menara, dimana pengunjung dapat melihat puncak menara dari dekat. Di sana juga terdapat layar digital yang menampilkan  dan memamerkan sejarah menara tersebut.

Kedua menara dihubungkan dengan Skybridge yang merupakan fitur unggulan lainnya dari Menara Kembar Petronas. Dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Kuala Lumpur dari atas. Jembatan ini memungkinkan orang yang berada di salah satu menara untuk menuju ke menara yang lain tanpa harus turun menara. Selain itu jembatan ini juga berfungsi sebagai jalur keluar darurat.

Bagi pengunjung yang berminat untuk mengunjungi Skybridge harus memiliki tiket yang biasanya harus diperoleh dengan antrian yang panjang.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *