Berapa Ukuran Gawang Sepakbola?

 

Ukuran gawang sepakbola

Sepakbola adalah olahraga permainan yang paling terkenal di seluruh dunia. Sepakbola dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang pemain. Tujuan masing-masing tim adalah menendang bola masuk ke gawang lawan. Tim yang membuat gol lebih banyak akan menjadi pemenang pertandingan. Jika kedua tim membuat skor yang sama, maka pertandingan disebut imbang atau seri atau draw.

Sebenarnya ukuran gawang sepak bola cukup besar untuk memberi peluang para pemain suatu tim untuk menendang bola masuk ke gawang lawan. Tetapi sebuah gawang dijaga oleh seorang penjaga gawang atau kiper (goal keeper) yang berhak menangkap atau menepis bola dengan tangan di area gawangnya. Demikian pula dengan 10 pemain lainnya berusaha keras untuk mencegah lawan menendang bola ke arah gawang mereka. Oleh karena itu tidak mudah bagi suatu tim untuk membuat gol ke gawang lawan. Hal ini membuat pertandingan sepakbola menjadi menarik dan banyak yang suka menonton pertandingan sepakbola baik secara langsung di lapangan maupun di layar televisi.

Gawang Sepakbola
Gawang pada lapangan spakbola terdapat pada bagian tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang, yang dihubungkan dengan mistar horizontal pada ujung-ujung atas kedua tiang tersebut. Gawang dilengkapi dengan jaring (net) mulai dari tiang dan mistar gawang ke arah belakang garis gawang. Jaring ini dibentangkan mirip kelambu dengan menyisakan hanya bagian depan gawang yang terbuka.

Tiang gawang dan mistar gawang harus berwarna putih dan terbuat dari kayu, logam, atau bahan lain yang memenuhi syarat. Pada dasarnya bentuk tiang gawang dan mistar gawang tidak terlalu mengikat, yang penting tidak membahayakan atau menimbulkan efek tidak nyaman bagi para pemain. Pada awal berkembangnya permainan sepakbola, hanya ada dua tiang gawang dengan bentangan tali di bagian atasnya. Mistar gawang baru digunakan pada tahun 1875.

Sebuah gol dinilai sah jika bola yang ditendang atau ditanduk seorang pemain memasuki gawang melewati garis gawang lawan, meskipun yang terakhir menendang atau menanduk adalah pemain lawan sendiri (gol bunuh diri/own goal). Dalam permainan sepakbola, setiap gol harus mendapatkan pengesahan wasit. Seorang wasit bahkan dapat membatalkaan sebuah gol misalnya karena adanya pelanggaran, off-side, kecurangan, atau alasan lainnya.

Ukuran Lebar dan Tinggi Gawang Sepakbola

Ukuran lebar dan tinggi gawang sepakbola

Jarak antara kedua tiang gawang adalah 7,32 meter (8 yard). Tinggi mistar gawang dari tanah adalah 2,44 meter (8 feet). Jarak antara tiang gawang diukur antara sisi-sisi dalam dari tiang gawang. Tinggi mistar gawang diukur dari bagian terendah dari mstar gawang.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *