Berapa Ukuran Meja Pingpong (Tennis Meja)

Meja Pingpong
Pingpong adalah salah satu jenis olahraga pertandingan. Pingpong atau tenis meja adalah bentuk mini dari olahraga tennis. Alat yang diperlukan dalam permainan pingpong adalah bat, bola pingpong dan sebuah meja pingpong dengan ukuran tertentu. Seperti permainan raket lainnya yaitu badminton dan tennis lapangan, permainan pingpong dapat dilakukan satu lawan satu (single) atau dua lawan dua (double). Meja pingpong terbuat dari bahan kayu dengan karakter tertentu sehingga menghasilkan pantulan bola pingpong secara optimal.

Bentuk Meja Pingpong
Meja pingpong berbentuk lembaran papan yang cukup tebal yang disangga oleh beberapa kaki meja. Pemukaan meja biasanya berwarna hijau tua atau biru tua. Pada pinggiran meja terdapat garis putih sekeliling permukaan meja. Terdapat garis tengah yang sejajar dengan panjang meja sebagai batas tengah servis untuk permainan ganda. Net atau jaring dipasang melintang tepat di tengah meja. Umumnya meja pingpong dirancang dengan bentuk yang dapat dilipat agar mudah di simpan saat tidak digunakan.

Ukuran Meja Pingpong
Federasi Tennis Meja Internasional (ITTF, International Table Tennis Federation) selaku induk organisasi pingpong sedunia telah menetapkan ukuran standar meja pingpong standar internasional adalah sebagai berikut.

Ukuran meja pingpong standar
• Panjang lapangan meja pingpong adalah 274 cm
• Lebar meja pingpong adalah 152,5 cm
• Tinggi permukaan meja pingpong dari lantai adalah 76 cm
• Tebal garis sisi dan gari tengah 2 cm
• Panjang net pingpong adalah 183 cm
• Tinggi net pingpong adalah 15,25 cm
• Jarak tiang net ke pinggir meja pingpong adalah 15,25 cm

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *