Berapa Ukuran Thumbnail Video YouTube?

YouTube.com adalah situs media sosial berbasis video sharing yang paling populer dan paling banyak dikunjungi setiap hari. Jika kita memilki video yang diupload di situs YouTube.com, maka video kita akan memiliki sebuah thumbnail. Thumbnail adalah tautan (link) dalam bentuk gambar kecil yang jika diklik maka akan membawa pengguna ke halaman tertentu dari suatu website. Pada halaman situs YouTube.com, jika suatu thumbnail video diklik makan akan membawa pengunjung pada halaman pemutaran video tersebut.

Contoh thumbnail video YouTube

Thumbnail Default Video YouTube
Pada saat kita mengunggah sebuah video pada situs YouTube.com, secara default situs YouTube memilih secara acak tiga gambar capture (screenshoot ) dari video kita untuk dijadikan thumbnail. Kita dapat memilih salah satunya untuk menjadi thumbnail video kita. Jadi pada dasarnya kita tidak harus membuat sendiri thumbnail video kita.

Fungsi Gambar Thumbnail pada Video YouTube
Thumbnail video di situs YouTube.com selain berfungsi sebagai gambar tautan juga berfungsi sebagai sampul video. Saat sebelum video kita diputar, maka yang ditampilan sebagai sampul (tampilan halaman depan) video kita adalah gambar thumbnail. Gambar thumbnail default yang disediakan situs YouTube.com seringkali kurang informatif. Membuat sendiri gambar thumbnail memungkinkan kita menyediakan sampul video yang lebih bagus dan lebih informatif. Tentu saja kita bisa menambahkan teks sesuka hati pada gambar thumbnail buatan kita.

Manfaat membuat sendiri thumbnail video YouTube

Ukuran Thumbnail Video YouTube yang Disarankan
Ukuran resolusi gambar (image) thumbnail video yang disarankan situs YouTube.com adalah 1280×720 pixel. Berikut spesifikasi gambar thumbnail yang disarankan situs YouTube.Com.

  • Rasio aspek: 16:9
  • Resolusi: 1280 x 720 pixel
  • Lebar minimal: 640 pixel
  • Format gambar: JPG, GIF, BMP, atau PNG
  • Ukuran file maksimal: 2 MB

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *