Besaran dan Satuan

Pengertian Besaran
Apa itu Besaran? Definisi besaran adalah segala sesuatu yang bisa diukur atau dihitung, dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan.
Berdasarkan definisi tersebut, maka sesuatu bisa disebut besaran jika memenuhi 3 syarat:
1.    Bisa diukur
2.    Memiliki nilai
3.    Memiliki satuan
Contohnya, panjang disebut besaran karena dapat diukur (menggunakan alat ukur meteran), bisa dinyatakan dengan angka, serta memiliki satuan (misalnya meter, millimeter, kilometer, dsb.)

Contoh besaran dan satuannya

Besaran Fisika dan Besaran Non Fisika
Berdasarkan cara mendapatkannya, besaran dikategorikan menjadi dua jenis yaitu besaran fisika dan besaran non fisika. Besaran fisika adalah besaran yang didapatkan dengan pengukuran menggunakan alat ukur.  Contoh besaran fisika adalah panjang karena besaran ini diperoleh dengan pengukuran menggunakan meteran. Besaran non fisika adalah besaran yang didapatkan dari perhitungan. Contoh besaran non fisika adalah jumlah karena didapatkan dari penghitungan.

Pengertian Satuan
Apa Itu Satuan? Definisi satuan adalah pembanding yang digunakan dalam pengukuran besaran, yang ditentukan dengan konvensi atau aturan tertentu sebagai standar pengukuran besaran yang sama.
Contohnya, besaran panjang memiliki satuan meter. Meter tersebut telah ditentukan panjangnya berdasarkan suatu kesepakatan yang berlaku secara internasional. Jika kita memiliki hasil pengukuran misalnya 15 meter, maka besaran ini merupakan 15 kali standar panjang yang disebut “meter”.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *