Cara Membuat Diagram Lingkaran (Diagram Kue Pie)

Contoh grafik lingkaran

Untuk membandingkan sejumlah data dengan mudah, data tersebut seringkali ditampilkan  dalam bentuk diagram atau grafik. Ada beberapa cara menampilkan diagram data diantaranya yang paling populer adalah diagram titik, diagram garis, diagram batang, diagram gambar (piktogram) dan diagram lingkaran (diagram kue pie).

Pada diagram lingkaran, masing-masing luasan yang terbagi dalam lingkaran tersebut disebut sektor lingkaran. Karena bentuk sektor lingkaran tersebut seperti potongan kue pie, maka diagram lingkaran dikenal dengan sebutan diagram kue pie [baca: pai].

Jika kita menggunakan program pengolah data misalnya Microsoft Excel pada komputer, kita akan dapat dengan mudah membuat diagram lingkaran berdasarkan data yang kita sediakan. Dalam pembahasan ini kita akan membuat diagram lingkaran secara manual.

Pada contoh diagram lingkaran di atas, kita dapat dengan mudah membandingkan masing-masing data satu sama lain. Pada diagram tersebut perbandingan nilai data sebanding dengan sudut masing-masing sektor lingkaran. Pada suatu diagram lingkaran (digram kue pie), besaran masing-masing sudut sektor memiliki relasi dengan nilai data dan nilai total data berdasarkan rumus berikut.

Sudut sektor = (nilai data/nilai total) x 360 º

Langkah-Langkah Untuk Membuat Diagram Lingkaran

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat diagram lingkaran.

  1. Hitung nilai total data dengan cara menjumlahkan semua nilai data
  2. Hitung sudut masing-masing sektor lingkaran dengan rumus: sudut sektor = (nilai data/nilai total) x 360 º
  3. Buat lingkaran lalu bagi menjadi beberapa sektor dengan besar masing-masing sudut sektor yang mewakili masing-masing nilai data. (Catatan: umumnya patokan untuk membuat sektor lingkaran adalah jari-jari lingkaran di atas titik pusat dan urutan pembagian lingkaran searah jarum jam).

Contoh Cara Membuat Diagram Lingkaran

Berikut ini contoh cara membuat diagram lingkaran (grafik kue pie). Berikut ini tersedia data varian rasa es krim yang terjual di sebuah kedai es krim rata-rata dalam satu hari pada bulan Januari.

Cokelat 40
Vanilla 24
Strawberry 64
Kombinasi 32

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas kita akan membuat diagram lingkaran berdasarkan data yang tersedia

Langkah 1: Hitung nilai total data
Nilai total data = 40 + 24  +64 + 32 = 160

Langkah 2: Hitung sudut sektor
Sudut sektor varian cokelat = (40/160) x 360º = 90º
Sudut sektor varian vanilla = (24/160) x 360º = 54º
Sudut sektor varian strawberry = (64/160) x 360º = 144º
Sudut sektor varian kombinasi = (32/160) x 360º = 72º

Langkah 3: Buat  diagram lingkaran
Buat lingkaran, kemudian buat garis jari-jari lingkaran dari titik pusat ke arah atas. Selanjutnya buat garis batas sektor untuk varian rasa cokelat dengan sudut sektor 90º. Selanjunya buat garis-garis batas sektor untuk varian rasa vanilla, strawberry, dan kombinasi masing-masing dengan sudut sektor  54º, 144º, dan 72 º.

Cara membuat diagram lingkaran

Berikut adalah diagram lingkaran penjualan es krim rata-rata dalam satu hari pada bulan Januari.

Diagram lingkaran

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *