Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Pentingnya Memiliki Berat Badan Ideal
Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal dapat meningkatkan penampilan seseorang. Memiliki berat badan ideal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memiliki resiko mengalami gangguan kesehatan tertentu. Orang yang kurus seringkali merupakan indikasi kurang gizi atau mengalami gangguan metabolisma tertentu. Orang yang gemuk memiliki resiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes.

Timbangan berat badan

Rumus Menghitunga Berat Badan Ideal Menurut Broca
Paul Broca adalah dokter tentara Perancis yang mengusulkan rumus menghitung berat badan ideal. Paul Broca menguji kemampuan militer para pemuda di masanya dan menentukan kriteria berat badan normal sebagai batas minimal bagi pemuda yang layak dilatih militer. Pada masa itu kelebihan berat badan bukan suatu isu penting. Broca menyimpulkan bahwa pemuda-pemuda yang berat badannya di bawah batas minimal tersebut kesulitan untuk mengikuti latihan militer yang berat. Paul Broca mengusulkan menggunakan rumus berikut untuk menentukan kriteria berat badan ideal.

Berat badan normal = Tinggi badan (cm) – 100

Berat badan ideal = Berat badan normal – 10% x Berat badan normal

Contoh Cara Menghitung Berat Badan Ideal menggunakan Rumus Broca
Budi memiliki berat tinggi badan 165 cm, maka
Berat badan normal = 165 – 100 = 65
Berat badan ideal = 65 – 10% x 65 = 65 – 6,5 = 58,5
Jadi berat badan ideal untuk Budi menurut rumus Broca adalah 58,5 kg

Keterbatasan Rumus Broca
Rumus Broca tidak bisa dijadikan sebagai alat untuk diagnosis penyakit atau gangguan kesehatan pada seseorang. Rumus Broca hanya merupakan salah satu cara sederhana dan mudah untuk memperkirakan berat badan ideal seseorang berdasarkan tinggi badannya. Ada sejumlah usulan yang memperbaiki rumus Broca untuk mengakomodasi perbedaan konsep berat badan ideal dan perubahan antropometri pada masyarakat modern dibandingkan dengan antropometri masyarakat di masa Broca mengusulkan rumus tersebut. Rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal sudah jarang dipakai. Cara menghitung berat badan ideal yang banyak digunakan saat ini adalah dengan rumus indeks berat badan (body mass index, BMI).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *