Cara Menghitung Busur, Keliling, dan Luas Juring Lingkaran (Sektor Lingkaran)

Pengertian Juring Lingkaran (Sektor Lingkaran)
Definisi juring lingkaran adalah bidang yang dibatasi oleh busur lingkaran dan dua jari-jari lingkaran. Pada dasarnya juring lingkaran merupakan fraksi (pecahan) sebuah lingkaran. Bentuk juring seringkali diumpamakan sebagai bentuk potongan kue pie atau bentuk potongan pizza.

Busur pada Juring Lingkaran
Busur lingkaran adalah garis lengkung yang mengikuti persamaan lingkaran. Busur lingkaran dapat berupa garis lengkung terbuka maupun garis lengkung tertutup. Jika garis lengkung ini membentuk lingkaran penuh maka panjang busurnya sama dengan keliling lingkaran.

Sudut pada Juring Lingkaran
Sudut pada juring lingkaran adalah fraksi dari sudut 360 derajat. Contohnya suatu juring lingkaran yang terdiri dari seperempat lingkaran memiliki sudut juring seperempat dari sudut 360 derajat yaitu 90 derajat. Juring setengah  lingkaran memiliki sudut juring 180 derajat.

Sisi-Sisi Juring Lingkaran
Juring lingkaran memiliki dua buah sisi dan sebuah busur lingkaran. Pada dasarnya sisi-sisi juring lingkaran adalah jari-jari lingkaran. Jika sebuah bidang terdiri sebuah busur lingkaran dan dua sisi yang membentuk sudut tetapi kedua sisi bidang tersebut tidak sama dengan jari-jari lingkaran tersebut, maka bidang tersebut bukan merupakan juring lingkaran.

Busur keliling luas juring lingkaran

Cara Menghitung Panjang Busur Juring Lingkaran
Panjang busur juring lingkaran pada dasarnya adalah fraksi dari keliling lingkaran. Karena fraksi dari keliling lingkaran dapat dinyatakan dengan fraksi sudut juring terhadap sudut lingkaran penuh yaitu 360 derajat, maka panjang busur juring lingkaran dapat dinyatakan dalam rumus sebagai berikut.

Rumus menghitung busur juring lingkaran

Cara Menghitung Keliling Juring Lingkaran
Keliling juring lingkaran adalah jumlah panjang busur dan dua sisi juring lingkaran. Karena sisi-sisi juring lingkaran adalah jari-jari lingkaran maka luas juring lingkaran adalah busur lingkaran ditambah dengan dua jari-jari lingkaran. Dalam persamaan matematika rumus untuk menghitung panjang keliling juring lingkaran adalah sebagai berikut.

Rumus menghitung keliling juring lingkaran

Cara Menghitung Luas Juring Lingkaran
Luas juring lingkaran pada dasarnya adalah fraksi dari luas lingkaran. Karena fraksi dari luas lingkaran dapat dinyatakan dengan fraksi sudut juring terhadap sudut lingkaran penuh yaitu 360 derajat, maka luas juring lingkaran dapat dinyatakan dalam rumus sebagai berikut.

Rumus menghitung luas juring lingkaran

Contoh Cara Menghitung Busur, Luas, dan Keliling Juring Lingkaran
Soal: Selembar kertas berbentuk juring lingkaran memiliki sudut sisi-sisi juring sebesar 60 derajat dengan panjang sisi-sisi masing-masing 14 cm. Hitung panjang busur, keliling juring, dan luas juring permukaan kertas tersebut. (Petunjuk: busur = (sudut/360).K, keliling juring = (sudut/360).K + 2r, luas juring = (sudut/360). L).
Jawab:
Keliling lingkaran K = 2.(22/7).14 =  88 cm.
Luas lingkaran L = (22/7).14.14 = 616 cm2.
Busur = (60/360).88 = 14,67 cm
Keliling juring = (60/360).88 + 2.(14) = 14,67 + 28 = 42,67 cm
Luas juring = (60/360).616 = 102,67 cm2

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *