Cara Menghitung Jari-Jari (Radius) Bola Jika Diketahui Volume Bola

Pengertian Bola
Bola adalah bidang lengkung tanpa batas yang terbentuk dari titik-titik yang memiliki jarak yang sama terhadap suatu titik yang disebut titik pusat bola.

Bola

Jari-Jari (Radius) dan Diameter Suatu Bola
Jari-jari atau radius bola adalah jarak antara permukaan bola terhadap titik pusat bola. Ukuran suatu bola biasanya dinyatakan dalam besaran jari-jari bola. Selain jari-jari bola, ukuran suatu bola juga sering dinyatakan dalam besaran diameter bola. Diameter bola adalah jarak garis lurus antara suatu titik pada permukaan bola dengan titik lain pada permukaan di sebelahnya yang melalui titik pusat bola. Diameter suatu bola sama dengan dua kali jari-jari bola tersebut.

Volume Bola
Volume bola atau isi bola adalah besaran ruang tiga dimensi yang terdapat di dalam bola. Jika suatu bola berisi 1.000 centimeter kubik udara maka dikatakan volume bola tersebut adalah 1.000 centimeter kubik. Volume bola dapat dihitung dengan rumus berikut.

Rumus menghitung volume bola

Cara Menghitung Jari-Jari (Radius) Bola
Berdasarkan rumus menghitung volume bola tersebut maka dapat dihitung jari-jari atau radius bola jika diketahui volume bola dengan mengubah rumus tersebut untuk mendapatkan variabel r (radius) menurut cara berikut.

Penurunan rumus jari-jari bola

Jadi untuk menghitung jari-jari atau radius sebuah bola berdasarkan volume bola dapat digunakan rumus berikut.

Rumus menghitung jari-jari bola

Contoh Cara Menghitung Jari-Jari (Radius) Bola Jika Diketahui Volumenya
Contoh Soal 1
Soal: Diketahui sebuah bola memiliki volume 38.808 centimeter kubik. Hitunglah berapa jari-jari bola tersebut. Petunjuk jari-jari bola = akar pangkat tiga dari (3V/4π).
Jawab:
Diketahui V = 38.808 cm3, π = 22/7 (konstanta lingkaran).
Contoh 1 menghitung jari-jari bola

Contoh Soal 2
Soal: Hitunglah berapa centimeter jari-jari sebuah bola yang memiliki volume 1 liter (1 liter = 1.000 cm3). Petunjuk jari-jari bola = akar pangkat tiga dari (3V/4π).
Jawab:
Diketahui V = 1.000 cm3, π = 22/7 (konstanta lingkaran).
Contoh 2 menghitung jari-jari bola

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *