Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai

Keramik lantai adalah salah satu bahan bangunan yang paling populer dan banyak digunakan. Rata-rata rumah dan bangunan modern menggunakan keramik lantai sebagai pelapis permukaan lantai.

Kelebihan Keramik Sebagai Bahan Pelapis Lantai
Ada beberapa keuntungan menggunakan keramik sebagai pelapis permukaan lantai. Keramik lantai tersedia dalam berbagai corak untuk memberikan kesan tertentu pada rumah misalnya corak batu alam, corak kayu, corak marmer, dan lain sebagainya. Permukaan keramik yang rata dan halus relatif sangat mudah dibersihkan. Aplikasi keramik pada lantai relatif membutuhkan waktu yang cepat. Keramik juga dapat dipotong untuk memenuhi keperluan ukuran tertentu atau untuk membentuk motif lantai yang diinginkan.

Lantai keramik

Pentingnya Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai dengan Tepat
Sebelum membeli keramik untuk diaplikasikan pada lantai rumah atau lantai bangunan lainnya, anda harus mengetahui jumlah keramik yang anda butuhkan. Mengetahui kebutuhan keramik untuk menutupi lantai dengan luas tertentu sangat bermanfaat untuk menentukan biaya yang harus dianggarkan untuk pembelian keramik tersebut.

Kesalahan dalam menghitung jumlah keramik dapat menyebabkan jumlah keramik yang dibeli terlalu banyak sehingga terbuang percuma dan memboroskan anggaran. Sebaliknya kekurangan pembelian keramik dapat menyebabkan terhambatnya pekerjaan dan kemungkinan untuk mencari keramik tambahan yang sama lebih sulit.

Langkah-Langkah Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai
Berikut langkah-langkah dalam menghitung kebutuhan keramik lantai.

  1. Ukur panjang dan lebar lantai yang akan diaplikasi dengan keramik lantai dalam satuan meter.
  2. Hitung luas lantai dalam satuan meter persegi dengan menggunakan rumus luas segiempat yaitu panjang dikalikan lebar.
  3. Hitung jumlah kebutuhan keramik dalam satuan meter persegi luas lantai.
  4. Tambahkan 5% sebagai cadangan.

Contoh Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Lantai
Sebuah rumah akan direnovasi dengan menambah dua kamar ukuran 3 m x 3,5 m dan sebuah teras ukuran 2 m x 3,5 m. Untuk menghitung jumlah keramik yang diperlukan maka harus diketahui luas total lantai yang akan diaplikasi dengan keramik. Luas lantai = (3 x 3,5) + (3 x 3,5) + (2 x 3,5) = 10,5 + 10,5 + 7 = 28 meter persegi. Jadi jumlah keramik yang diperlukan adalah 28 meter persegi. Karena keramik dijual dalam kemasan untuk satu meter persegi (mungkin lebih atau kurang sedikit), maka jumlah keramik lantai yang anda butuhkan adalah 28 dus. Tambahkan cadangan sebanyak 5% yaitu 2 dus (5% x 28 dus = 1,4 dus dibulatkan ke atas jadi 2 dus).

Berapa Jumlah Keramik dalam 1 Dus?
Keramik lantai ukuran 20 cm x 20 cm sampai dengan ukuran 60 cm x 60 cm dijual dalam kemasan 1 meter persegi (kadangkala lebih atau kurang sedikit, tetapi bisa dibulatkan 1 meter persegi). Keramik ukuran 20 cm x 20 cm dalam satu dus berisi 25 keping (1 m2), keramik ukuran 25 cm x 25 cm dalam satu dus berisi 16 keping (1 m2), keramik ukuran 30 cm x 30 cm dalam satu dus berisi 11 keping (0,99 m2), dst. Ukuran keramik dan jumlah keramik per dus selengkapnya dapat dilihat di sini.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *