Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata Berdasarkan Jarak dan Waktu Tempuh

Pengertian Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata adalah jarak perjalanan rata-rata yang ditempuh setiap satuan waktu. Sebuah mobil yang menumpuh jarak misalnya 100 kilometer pasti pernah berjalan pelan misalnya saat melewati jalan rusak, tikungan, jalan sempit, dan lain lain. Mobil itu juga mungkin sempat berhenti beberapa kali karena menjumpai lampu merah menyala di persimpangan jalan, mengisi bahan bakar, macet, dan lain sebagainya. Kecepatan mobil tersebut pada waktu tertentu disebut kecepatan sesaat yang ditunjukkan oleh panel speedometer di dashboard mobil.

Lari di track

Satuan Kecepatan dalam Sistem Metrik 
Satuan kecepatan dalam sistem metrik (sistem internasional, SI) yang paling umum adalah meter/detik (m/detik) dan kilometer/jam (km/jam).

Rumus Menghitung Kecepatan Rata-Rata
Untuk menghitung kecepatan rata-rata perjalanan atau pergerakan suatu benda, maka harus diketahui jarak tempuh dan waktu tempuh. Kecepatan rata-rata pergerakan sebuah benda merupakan hasil pembagian besaran jarak dengan besaran waktu tempuh. Rumus menghitung jarak rata-rata berdasarkan jarak tempuh dan waktu tempuh adalah sebagai berikut.

Rumus menghitung kecepatan rata-rata

 

Contoh Cara Menghitung Kecepatan Rata-Rata
Contoh 1
Soal: Seorang pelari atletik dapat menempuh jarak 200 meter dalam waktu 25 detik. Berapa kecepatan rata-rata pelari atletik tersebut? (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 200 m
Waktu tempuh =25 detik
Kecepatan rata-rata = 200/25 = 8 m/detik.

Contoh 2
Soal: Sebuah mobil menempuh jarak 110 kilometer dalam waktu 2 jam. Hitunglah kecepatan rata-rata mobil tersebut. (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 110 km
Waktu tempuh =2 jam
Kecepatan rata-rata = 110/2 = 55 km/jam.

Contoh 3
Soal: Sebuah mobil berjalan dari kota A ke kota B yang jaraknya 50 km dalam waktu 1 jam. Mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota C yang berjarak 90 km dari kota B dalam waktu 2 jam. Dari kota C mobil itu melanjutkan perjalanan ke kota D yang jaraknya 40 km dalam waktu 1 jam.Hitung kecepatan rata-rata mobil tersebut dari kota A ke kota D. (Petunjuk: kecepatan rata-rata = jarak tempuh/waktu tempuh).
Jawab:
Jarak tempuh = 50 + 90 + 40 = 180 km
Waktu tempuh = 1 +  2 + 1 =  4 jam
Kecepatan rata-rata = 180/4 = 45 km/jam.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *