Cara Menghitung Keliling dan Luas Bidang Berbentuk Layang-Layang

Pengertian Bidang Layang-Layang
Bidang layang-layang adalah bidang segiempat yang dibentuk oleh sepasang garis lebih pendek yang sama panjangnya membentuk satu sudut dan sepasang garis lebih panjang yang sama panjangnya membentuk satu sudut, sedangkan dua sudut lainnya sama besar dan saling berhadapan.

Sisi-Sisi pada Bidang Layang-Layang
Bidang layang-layang adalah segiempat yang yang istimewa karena memiliki sepasang sisi (rusuk) pendek yang sama panjang dan sepasang sisi panjang yang sama panjangnya.

Diagonal-Diagonal pada Bidang Layang-Layang
Pada sebuah bidang layang-layang terdapat dua garis diagonal yang menghubungkan titik sudut yang saling berhadapan. Kedua diagonal pada bidang layang-layang saling berpotongan secara tegak lurus. Panjang kedua garis diagonal layang-layang bisa sama atau berbeda.

Sudut-Sudut dalam Bidang Layang-Layang
Bidang layang-layang memiliki dua pasang sudut berhadapan. Sudut yang dibentuk oleh kedua sisi yang lebih pendek lebih besar dari sudut yang dibentuk oleh kedua sisi yang lebih panjang. Terdapat dua sudut yang dibentuk oleh sisi pendek dan sisi panjang yang saling berhadapan dan sama besarnya.

Garis Simetri pada Bidang Layang-Layang
Terdapat satu garis simetri lipat pada bidang layang-layang yang berhimpitan dengan diagonal yang menghubungkan titik sudut yang dibentuk oleh kedua sisi pendek dengan titik sudut yang dibentuk oleh kedua sisi panjang.

Cara Menghitung Keliling Bidang Layang-Layang
Untuk menghitung keliling layang-layang harus diketahui dimensi sisi panjang dan sisi pendek layang-layang tersebut. Panjang keliling sebuah layang-layang merupakan jumlah dari panjang keempat sisi layang-layang tersebut. Karena layang-layang memiliki dua sisi pendek yang dimensinya sama dan dua sisi panjang yang dimensinya sama maka rumus untuk menghitung keliling bidang layang-layang adalah:

Keliling = (2 x sisi pendek) + (2 x sisi panjang)

Cara Menghitung Luas Bidang Layang-Layang
Untuk menghitung luas bidang berbentuk layang-layang perlu diketahui panjang kedua garis diagonal layang-layang tersebut. Luas bidang layang-layang sama dengan setengah dari perkalian antara panjang kedua diagonalnya.

Luas = ½ x diagonal pendek x diagonal panjang

Rumus menghitung keliling dan luas layang layang

Contoh Perhitungan Keliling dan Luas Bidang Layang-Layang

Contoh Soal 1
Soal: Hitung panjang keliling sebuah layang-layang dengan sisi pendek 25 cm dan sisi panjang 30 cm. (Petunjuk: keliling layang-layang = (2 x sisi pendek) + (2 x sisi panjang).
Jawab:
Keliling layang-layang = (2 x 25) + (2 x 30) = 50 + 60 = 110 cm.

Contoh Soal 2
Soal: Hitung luas permukaan kertas berbentuk bidang layang-layang dengan panjang diagonal 4 inch dan 6 inch. (Petunjuk: luas layang-layang = ½ x diagonal pendek x diagonal panjang).
Jawab:
Luas permukaan kertas = ½  x 4 x 6 m = 12 inch2.

Contoh Soal 3
Soal: Selembar kain dipotong membentuk bidang layang-layang dengan panjang sisi pendek 10 cm, sisi panjang 20 cm, diagonal pendek 24 cm dan diagonal panjang 25 cm. Berapa keliling dan luas permukaan kain tersebut tersebut? (Petunjuk: Keliling layang-layang = (2 x sisi pendek) + (2 x sisi panjang). Luas layang-layang = ½ x diagonal pendek x diagonal panjang).
Jawab:
Keliling kain = (2 x 10) + (2 x 20) = 20 + 40  = 60 cm.
Luas permukaan kertas = ½ x 24  x 25 = 300 cm2.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *