Cara Menghitung Luas Permukaan Silinder (Tabung)

Pengertian Silinder (Tabung)
Silinder atau tabung adalah bangun tiga dimensi beraturan yang berbentuk batang dengan penampang berbentuk lingkaran dengan jari-jari tertentu dan memiliki ketinggian tertentu.

Permukaan Silinder
Permukaan silinder terdiri dari tiga bagian yaitu permukaan selimut silinder, permukaan alas silinder, dan permukaan tutup silinder. Selimut silinder adalah permukaan lengkung yang mengelilingi sumbu silinder. Permukaan silinder ini jika dibentangkan pada satu bidang datar merupakan sebuah bidang permukaan segi empat. Permukaan alas silinder adalah permukaan datar berbentuk lingkaran yang berada di bagian bawah silinder. Permukaan tutup silinder adalah permukaan datar berbentuk lingkaran yang berada di bagian atas silinder.

Tabung atau silinder

Cara Menghitung Luas Permukaan Selimut Silinder
Selimut silinder adalah permukaan silinder dalam arah aksial (arah menjauhi sumbu silinder). Selimut silinder berupa bidang lengkung yang jika di bentangkan pada sebuah bidang datar akan membentuk bidang segi empat. Panjang segi empat tersebut sama dengan keliling lingkaran silinder yaitu  2πr, dan lebar segi empat tersebut sama dengan tinggi silinder yaitu t. Maka luas selimut silinder adalah:

Luas selimut silinder = keliling lingkaran x tinggi silinder

Rumus luas selimut silinder atau tabung

Cara Menghitung Luas Permukaan Silinder
Luas permukaan sebuah silinder adalah sama dengan luas lingkaran alas ditambah luas lingkaran tutup ditambah luas selimut silinder. Luas bidang alas dan tutup dihitung dengan menggunakan rumus menghitung luas lingkaran yaitu πr2. Maka luas silinder adalah:

Luas silinder = Luas alas + Luas tutup + Luas selimut

Rumus luas permukaan silinder atau tabung

Cara Menghitung Luas Permukaan Silinder  Tanpa Tutup
Luas permukaan sebuah silinder tanpa tutup adalah sama dengan luas lingkaran alas ditambah luas selimut silinder. Luas bidang alas dihitung dengan menggunakan rumus menghitung luas lingkaran yaitu πr2. Maka luas silinder adalah:

Luas silinder tanpa tutup = Luas alas + Luas selimut

Rumus luas permukaan silinder tanpa tutup

Contoh Cara Menghitung Luas Permukaan Silinder
Contoh Soal 1
Soal: Hitunglah luas permukaan selubung silinder yang memiliki radius 35 cm dan tinggi 35 cm. (Petunjuk: luas permukaan selimut silinder = 2πrt).
Jawab:
Diketahui r = 35 cm, t = 35 cm.
Luas permukaan selubung silinder = 2.π.35.(35+35) = 2.(22/7).35.(70) = 15.400 cm2.

Contoh Soal 2
Soal: Hitunglah luas permukaan silinder yang memiliki radius 14 cm dan tinggi 10 cm. (Petunjuk: luas permukaan silinder = 2πr(r+t)).
Jawab:
Diketahui r = 14 cm, t = 10 cm.
Luas permukaan silinder = 2.π.14.(14+10) = 2.(22/7).14.(24) = 2.112 cm2.

Contoh Soal 3
Soal: Hitunglah luas permukaan sebuah tabung tanpa tutup yang memiliki radius 21 cm dan tinggi 40 cm. (Petunjuk: luas permukaan silinder tanpa tutup =  πr2 + 2πrt).
Jawab:
Diketahui r = 21 cm, t = 40 cm.
Luas permukaan tabung tanpa tutup = (22/7).(21×21) + 2.(22/7)(21)(40) = 1.386 + 5.280 = 6.666 cm2.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *