Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku dengan Teorema Phytagoras

Siapa Phytagoras?

Theorema Phitagoras diambil dari nama ahli matematika Yunani yang bernama Phytagoras. Pytagoras hidup sekitar tahun 570 SM sampai 495 SM. Ia menemukan bahwa kuadrat panjang sisi-sisi pada sebuah segitiga siku-siku memiliki relasi matematis sederhana.

Teorema Phytagoras

Teorema Phytagoras sering disebut juga dengan Hukum Phytagoras atau Dalil Phytagoras. Teorema Phytagoras berbunyi: “ jumlah kuadrat sisi-sisi siku pada sebuah segitiga siku-siku sama dengan kuadrat sisi miringnya”. Sisi siku-siku pada sebuah segitiga siku-siku adalah sisi-sisi yang membentuk sudut siku-siku (sudut 90 derajat). Sedangkan sisi miring pada sebuah segitiga siku-siku adalah sisi yang tidak membentuk sudut siku-siku tetapi membentuk sudut lancip dengan kedua sisi lainnya.

Dalam persamaan matematika theorema Phytagoras dapat dijelaskan sebagai berikut.

Rumus pitagoras untuk menghitung sisi segitiga

Menghitung Panjang Sisi Segitiga Siku-Siku dengan Teorema Phytagoras

Berdasarkan persamaan Phytagoras atau rumus Phytagoras di atas maka dapat turunkan rumus menghitung sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku sebagai berikut.

Rumus menghitung sisi segitiga siku-siku

Dari rumus-rumus di atas maka untuk menghitung panjang suatu sisi sebuah segitiga siku-siku syaratnya adalah harus diketahui panjang kedua sisi lainnya. Rumus rumus di atas dapat dibaca sebagai berikut:

  • Panjang sisi siku1 = akar kuadrat dari (kuadrat sisi miring – kuadrat sisi siku2)
  • Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2)

 

Contoh Cara Menghitung Panjang Sisi Segitiga dengan Teorema Phytagoras

Contoh Soal 1
Soal: Diketahui sekeping ubin berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku-siku 20 cm dan 30 cm. Berapa panjang sisi miring pada ubin tersebut? (Petunjuk: Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2).
Jawab:
Panjang sisi miring ubin = akar kuadrat dari (20×20 + 30×30) = akar kuadarat dari (1300) = 36,05 cm.

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah kertas karton berbentuk segitiga siku-siku memiliki panjang kedua sisi siku-siku yang sama yaitu 8 inch. Berapa panjang sisi miring dari segitiga tersebut. (Petunjuk: Panjang sisi miring = akar kuadrat dari (kuadrat sisi siku1 + kuadrat sisi siku2).
Jawab:
Panjang sisi miring kertas karton = akar kuadrat dari (8×8 + 8×8) = akar kuadrat dari (128) = 11,31 inch.

Contoh Soal 3
Soal: Selembar papan dipotong membentuk sebuah segitiga siku-siku dengan panjang sisi siku 30 cm dan panjang sisi miring 50 cm. Berapa panjang sisi ketiga? (Petunjuk: Panjang sisi siku1 = akar kuadrat dari (kuadrat sisi miring – kuadrat sisi siku2)).
Jawab:
Panjang sisi ketiga = akar kuadrat dari (50×50 – 30×30) = akar kuadrat dari (1600) = 40 cm.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *