Cara Menghitung Volume Kerucut

Pengertian Kerucut (Cone)
Kerucut adalah bentuk geometri tiga dimensi yang memiliki alas datar berbentuk lingkaran dan memiliki bentuk mengecil secara teratur ke satu arah aksial sampai ke suatu titik yang disebut apeks atau verteks. Titik apeks atau vertex ini sering disebut juga dengan titik puncak kerucut.

Kerucut (cone)
Jari-Jari (Radius) Alas Kerucut
Jari-jari atau radius alas kerucut adalah jarak antara lingkaran alas terhadap titik pusat lingkaran alas tersebut. Diameter alas kerucut adalah jarak garis lurus antara suatu permukaan lingkaran alas ke permukaan di sebelahnya yang melalui titik pusat lingkaran alas. Pada sebuah lingkaran, diameter lingkaran sama dengan dua kali jari-jari (radius) lingkaran.

Tinggi Kerucut
Tinggi kerucut adalah jarak antara titik pusat lingkaran alas terhadap titik puncak kerucut (apeks/vertex). Pada dasarnya sebuah kerucut adalah silinder yang mengalami peruncingan di salah satu ujungnya, sehingga konsep dimensi tinggi pada kerucut sama dengan tinggi pada sebuah silinder.

Pengertian Volume Kerucut (Isi Kerucut)
Volume kerucut atau isi kerucut adalah ruang tiga dimensi yang terdapat di dalam kerucut. Misalnya sebuah kerucut yang terbuat dari beton pejal memiliki volume satu meter kubik maka jumlah volume beton yang mengisi ruang dalam kerucut tersebut adalah 1 meter kubik.

Cara Menghitung Volume Kerucut  (Isi Kerucut)
Untuk menghitung volume sebuah kerucut maka harus diketahui dimensi radius (atau diameter alas) dan tinggi kerucut tersebut .  Volume sebuah kerucut dengan jari-jari r dan tinggi t dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut.

Rumus menghitung volume kerucut

Contoh Cara Menghitung Volume Kerucut
Contoh 1
Soal: Hitung volume sebuah kerucut dengan jari-jari alas 10,5 cm dan tinggi 20 cm! (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).
Jawab:
volume kerucut = (1/3) (22/7) x 10,5 x 10,5 x 20 = 2.310 cm3.

Contoh 2
Soal: Sebuah beton pemberat berbentuk kerucut memiliki diameter alas 84 cm dan tinggi 75 cm. Hitunglah volume beton yang terdapat dalam kerucut tersebut? (Petunjuk: volume kerucut = (1/3).pi.r.r.t).
Jawab:
jari-jari alas kerucut r = diameter/2 = 84/2 = 42 cm.
volume kerucut = (1/3) (22/7) x 42 x 42 x 75 = 138.600 cm3.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *