Cara Menghitung Volume Kotak/Balok

Pengertian Kotak
Kotak adalah bangun tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk dan 6 bidang permukaan yang masing-masing bidangnya berbentuk bujursangkar atau persegi panjang.

Kotak atau balok

Panjang, Lebar dan Tinggi Sebuah Kotak
Sebuah kotak memiliki 12 rusuk. Masing masing rusuk dapat dianggap sebagai rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi bergantung pada sudut pandang pengamat. Ada 4 rusuk sama panjang yang dapat disebut rusuk panjang, ada 4 rusuk sama panjang yang dapat disebut rusuk lebar, dan ada 4 rusuk sama panjang yang dapat disebut rusuk tinggi. Jika semua 12 rusuk pada sebuah kotak memiliki panjang yang sama, maka kotak tersebut disebut sebagai kubus. Kubus adalah kotak yang istimewa karena semua rusuknya sama panjang dan semua bidangnya berbentuk bujursangkar.

Rumus Menghitung Volume Sebuah Kotak
Untuk menghitung volume atau isi sebuah kotak, maka harus diketahui dimensi panjang, lebar, dan tinggi kotak tersebut. Rumus untuk menghitung volume kotak adalah sbb:

volume = panjang x lebar x tinggi

Rumus menghitung volume kotak atau balok

Rumus ini seringkali ditulis secara lebih disingkat sebagai V = P x L x T. Perlu diperhatikan bahwa dalam menghitung volume sebuah kotak menggunakan rumus di atas, dimensi panjang, lebar dan tingginya harus dalam satuan yang sama. Satuan volume adalah satuan panjang kubik misalnya millimeter kubik (mm3), centimeter kubik (cm3) , meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Contoh Perhitungan Volume Kotak
Contoh Soal 1
Soal: Sebuah balok mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 9 cm, 8 cm, dan 10 cm. Berapa volume balok tersebut? (Petunjuk: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Volume balok = 9 cm x 8 cm x 10 cm = 720 cm3.

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah akuarium memiliki ukuran bagian dalam sebagai  berikut: panjang 50 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Akuarium tersebut diisi dengan air sampai ketinggian 30 cm. Berapa volume air dalam akuarium tersebut? (Petunjuk: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Volume air = panjang x lebar x tinggi air = 50 cm x 40 cm x 30 cm = 60.000 cm3.

Contoh Soal 3
Soal: Sebuah balok es berbentuk kubus dengan ukuran rusuk 3 cm. Berapa volume kubus es tersebut? (Petunjuk: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Kubus memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi rusuk yang sama, dalam hal ini panjang kubus 3 cm, lebar kubus 3 cm dan tinggi kubus 3 cm.
Volume kubus es = 3 cm x 3 cm x 3 cm = 27 cm3.

Contoh Soal 4
Soal: Selembar papan berukuran panjang 4 meter, lebar 30 cm, dan tebal 2 cm. Berapa volume papan tersebut? (Petunjuk: volume kotak: panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Karena dimensi papan memiliki satuan yang berbeda maka satuannya harus disamakan terlebih dahulu, dalam hal ini kita menggunakan satuan cm maka ukuran papan tersebut dalam cm adalah panjang 400 cm, lebar 30 cm dan tinggi 2 cm.
Volume papan = 400 cm x 30 cm x 2 cm = 24.000 cm3.

Contoh Soal 5
Soal: Sebuah pilar beton setinggi 3 meter memiliki penampang berbentuk bujursangkar dengan panjang sisi 30 cm. Berapa volume beton pada pilar tersebut? (Petunjuk: volume kotak = panjang x lebar x tinggi).
Jawab:
Penampang pilar beton berbentuk bujursangkar artinya panjang dan lebarnya sama yaitu 30 cm.
Tinggi pilar beton 4 meter = 400 cm.
Volume pilar beton = 30 cm x 30 cm x 400 cm = 360.000 cm3.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *