Cara Menghitung Volume Kubus (Kubik)

Pengertian Kubus (Kubik)
Kubus adalah bangun tiga dimensi yang memiliki 12 rusuk dan 6 bidang permukaan yang masing-masing bidangnya berbentuk bujursangkar.

Kubus

Sisi-Sisi Sebuah Kubus
Pada dasarnya kubus merupakan sebuah kotak. Sebuah kotak memiliki 12 sisi (rusuk). Masing-masing sisi dapat dianggap sebagai sisi panjang, sisi lebar, dan sisi tinggi bergantung pada sudut pandang pengamat. Pada sebuah kubus, semua 12 sisinya memiliki panjang yang sama.

Bidang-Bidang Permukaan Kubus
Kubus memiliki 6 bidang permukaan yang semuanya merupakan bidang bujursangkar. Kubus adalah kotak yang istimewa karena semua bidangnya berbentuk bujursangkar.

Rumus Menghitung Volume Kubus
Untuk menghitung volume atau isi sebuah kubus, maka harus diketahui dimensi sisi kubus tersebut. Rumus untuk menghitung volume kubus adalah volume = sisi x sisi x sisi. Rumus ini dapat ditulis sebagai berikut.

Rumus menghitung volume kubus

Satuan volume adalah satuan panjang kubik misalnya millimeter kubik (mm3), centimeter kubik (cm3) , meter kubik (m3), dan lain sebagainya.

Contoh Perhitungan Volume Kubus
Berikut beberapa contoh cara menghitung volume kubus.

Contoh Soal 1
Soal: Sebuah balok kayu berbentuk kubus memiliki sisi-sisi yang panjangnya 12 cm. Berapa volume kubus tersebut? (Petunjuk: volume kubus = sisi x sisi x sisi).
Jawab:
Volume balok kayu = 12 cm x 12 cm x 12 cm = 1.728 cm3.

Contoh SoalĀ 2
Soal: Sebongkah balok es dipotong membentuk sebuah balok yang panjang, lebar, dan sisinya sama yaitu 20 cm. Berapa volume balok es tersebut? (Petunjuk: volume kubus = sisi x sisi x sisi).
Jawab:
Balok atau kotak dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang sama (ketiga sisinya sama) merupakan kubus. Volume balok es = 20 cm x 20 cm x 20 cm = 8.000 cm3.

Contoh SoalĀ 3
Soal: Sebuah balok beton akan dicetak berbentuk kubus dengan panjang sisi-sisi 1,5 meter. Berapa meter kubik volume beton yang digunakan untuk mencetak balok beton tersebut? (Petunjuk: volume kubus = sisi x sisi x sisi).
Jawab:
Volume balok beton = 1,5 m x 1,5 m x 1,5 m = 3,375 m3.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *