Cara Menghitung Volume Piramida (Limas Bujur Sangkar)

Pengertian Piramida (Limas Bujursangkar)
Piramida atau limas bujursangkar adalah bentuk geometri tiga dimensi yang memiliki alas datar berbentuk bujursangkar dan memiliki bentuk mengecil secara teratur ke satu arah atas sampai ke suatu titik yang disebut apeks atau verteks. Titik apeks atau verteks ini sering disebut juga dengan titik puncak piramida atau titik puncak limas bujursangkar.

Piramida atau limas bujursangkar

Alas Piramida
Pada dasarnya piramida adalah salah satu jenis limas dengan bentuk alas beraturan. Alas piramida adalah bujursangkar. Bujursangkar adalah segi empat dengan keempat sisi sama panjang dan keempat sudutnya merupakan sudut siku-siku.

Tinggi Piramida
Tinggi piramida adalah jarak antara titik tengah bujursangkar alas terhadap titik puncak piramida (apeks/vertex). Pada dasarnya sebuah piramida adalah sebuah kotak yang mengalami peruncingan di bagian permukaan atasnya.

Volume Piramida
Volume piramida atau isi piramida adalah ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh bidang alas dan bidang-bidang selubung piramida. Terdapat empat bidang selubung pada sebuah piramida.

Cara menghitung volume piramida

Cara Menghitung Volume Piramida (Isi Piramida)
Untuk menghitung volume sebuah piramida maka harus diketahui dimensi sisi alas bujursangkar  dan tinggi piramida tersebut .  Volume sebuah piramida dengan panjang sisi s  dan tinggi t dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut.

Rumus menghitung volume piramida

Perlu diperhatikan sebelum menghitung volume sebuah piramida dengan rumus tersebut, pastikan bahwa satuan panjang sisi dan satuan tinggi piramida adalah sama.

Contoh Cara Menghitung Volume Piramida
Contoh 1
Soal: Hitung volume sebuah piramida dengan panjang sisi bujursangkar alas 15 cm dan tinggi 20 cm! (Petunjuk: volume piramida = (1/3).s.s.t).
Jawab:
Diketahui: s = 15 cm;  t = 20 cm
Volume piramida = (1/3) x 15 x 15 x 20 = 1.500 cm3.

Contoh 2
Soal: Sebuah piramida yang terbuat dari kaca memiliki ukuran sisi alas bujursangkar 12 cm dan tinggi 12 cm. Hitunglah volume piramida kaca tersebut! (Petunjuk: volume piramida = (1/3).s.s.t).
Jawab:
Diketahui: s = 12 cm;  t =12 cm
volume piramida = (1/3)  x 12 x 12 x 12 = 576 cm3.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *