Cara Menghitung Waktu Tempuh Berdasarkan Jarak Tempuh Kecepatan Rata-Rata

Mobil avanza warna gading

Setiap benda bergerak memiliki kecepatan. Dengan kemajuan teknologi, alat transportasi modern seperti mobil, sepeda motor, pesawat, kapal, dan bahkan sepeda kayuh dilengkapi dengan alat ukur kecepatan (spedometer). Mengetahui kecepatan saat kita naik kendaraan atau alat transportasi lainnya dapat membantu kita memperkirakan seberapa lama perjalanan yang akan kita tempuh untuk mencapai tujuan yang diketahui jaraknya.

Pada saat kita naik kendaraan misalnya mobil, kecepatannya tidak selalu sama. Kecepatan yang ditunjukkan oleh spedometer adalah kecepatan sesaat. Pada dasarnya, kecepatan mobil disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan. Bahkan, sesekali mobil harus berhenti karena bebagai alasan seperti saat di persimpangan, jalan macet, mengisi bahan bakar, membayar tol, atau bahkan beristirahat. Oleh karena itu, dikenal istilah kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata hanya mempertimbangkan jarak tempuh dan waktu tempuh.

Pengertian Kecepatan Rata-Rata
Kecepatan rata-rata adalah jarak tempuh dibagi dengan waktu tempuh. Oleh karena itu rumus kecepatan rata-rata adalah sebagai berikut.

Rumus menghitung kecepatan rata-rata

Satuan kecepatan rata-rata adalah (satuan jarak) / (satuan waktu). Contoh satuan kecepatan rata-rata adalah kilometer/jam, mil/jam, kilometer/menit, meter/detik, dan lain sebagainya.

Rumus Menghitung Waktu Tempuh Berdasarkan Jarak Tempuh dan Kecepatan Rata-Rata
Berdasarkan rumus kecepatan rata-rata maka dapat diturunkan rumus untuk menghitung waktu tempuh. Rumus waktu tempuh adalah sebagai berikut.

Rumus menghitung waktu tempuh

Misalkan sebuah bis berjalan dari kota A ke kota B yang jaraknya 240 km dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Maka waktu tempuhnya dapat dihitung dengan memakai rumus di atas.
Waktu tempuh = jarak tempuh/kec rata2
Waktu tempuh = 240/60 = 4 jam

Contoh Cara Menghitung Waktu Tempuh Berdasarkan Jarak Tempuh Kecepatan Rata-Rata
Berikut ini beberapa contoh cara menentukan waktu tempuh jika diketahui jarak tempuh dan kecepatan rata-rata.

Contoh Soal 1
Soal: Sebuah bis melaju di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam. Berapa Waktu yang diperlukan oleh bis tersebut untuk menempuh jarak 210 km?
Jawab:
Jarak tempuh = 210 km
Kec. rata2 = 70 km/jam
Waktu tempuh = jarak tempuh/ kec rata2 = 210/70 = 3 jam
Jadi waktu yang diperlukan bis tersebut adalah 3 jam

Contoh Soal 2
Soal: Andi pergi ke sekolah dengan berjalan kaki dari rumah. Jarak antara rumah dan sekolah Andi adalah 600 meter. Berapa lama waktu yang diperlukan Andi untuk sampai di sekolah jika Andi berjalan dengan kecepatan rata-rata 75 meter/menit?
Jawab:
Jarak tempuh = 600 m
Kec. rata2 = 75 m/menit
Waktu tempuh = jarak tempuh/ kec rata2 = 600/75 = 8 menit
Jadi waktu yang diperlukan Andi adalah 8 menit

Contoh Soal 3
Soal: Sebuah kereta berangkat dari stasiun A ke stasiun B yang jaraknya 50 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Berapa menit waktu tempuh kereta tersebut untuk tiba di stasiun B
Jawab:
Jarak tempuh = 50 km
Kec. rata2 = 40 km/jam
Waktu tempuh = jarak tempuh/ kec rata2 = 50/40 = 1,2 jam = 1,2 x 60 menit = 72 menit
Jadi waktu yang diperlukan kereta tiba di statiun B adalah 72 menit

Contoh Soal 4
Soal: Seekor semut hitam berjalan pada bentangan tali jemuran dari ujung yang satu ke ujung lainnya yang panjangnya 3 meter dengan kecepatan rata-rata 75 cm/menit. Berapa lama semut hitam tersebut mencapai ujung tali tersebut?
Jawab:
Jarak tempuh = 3 m = 300 cm
Kec. rata2 = 75 m/menit
Waktu tempuh = jarak tempuh/ kec rata2 = 300/75 = 4 menit
Jadi waktu yang diperlukan semut hitam tiba di ujung tali adalah 4 menit

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *