Jenis-Jenis Sudut

Pengertian Sudut
Definisi sudut adalah bentuk yang dihasilkan dari dua garis dengan arah yang menyebar dari satu titik yang disebut titik vertex.

Macam macam sudut

Penamaan Sudut
Perhatikan gambar di atas. Pada segiempat di atas terdapat empat buah titik sudut dan empat buah sudut. Masing-masing titik sudut diberi nama T, U, V, dan W. Masing-masing sudut diberi nama sudut a, b, c, dan d. Nama sudut ditempatkan di antara dua garis pembentuk sudut tersebut dekat dengan titik vertex. Jika suatu sudut tidak diberikan nama khusus, maka nama sudut tersebut dapat menggunakan nama titik sudutnya. Caranya adalah dengan mengurutkan tiga huruf nama titik sudut yang membentuk sudut tersebut dimana huruf kedua merupakan nama titik vertex. Pada segitiga di atas terdapat tiga buah titik sudut yaitu X, Y, dan Z. Sudut kiri segitiga dapat dinamakan <YXZ  dimana vertex pada titik sudut X.

Satuan Besaran Sudut
Besarnya sudut biasanya dinyatakan dalam satuan derajat. Jumlah maksimal besaran sudut dalam bidang dan ruang adalah 360 derajat.

Macam-Macam Sudut Berdasarkan Besarnya Sudut
Ada beberapa macam sudut antara lain sebagai berikut.

Jenis jenis sudut

  1. Sudut lancip, yaitu sudut kurang dari 90 derajat. Contohnya sudut e pada gambar.
  2. Sudut siku-siku, yaitu sudut tepat 90 derajat. Contohnya sudut f pada gambar.
  3. Sudut tumpul, yaitu sudut lebih dari 90 derajat tetapi kurang dari 180 derajat. Contohnya sudut g pada gambar.
  4. Sudut lurus, yaitu sudut tepat 180 derajat. Contohnya sudut h pada gambar.
  5. Sudut refleks, yaitu sudut lebih dari 180 derajat tetapi kurang dari 360 derajat. Contohnya sudut i pada gambar.
  6. Sudut penuh, yaitu sudut tepat 360 derajat. Contohnya sudut j pada gambar.

 

Macam-Macam Sudut Berdasarkan Posisi

Ada beberapa macam sudut berdasarkan posisinya antara lain sebagai berikut.

  1. Sudut-sudut bersebelahan, yaitu dua sudut yang dibentuk tiga garis menggunakan satu titik vertex. Contohnya sudut k dan l pada gambar.
  2. Sudut-sudut vertikal (sudut bertolak belakang), yaitu dua sudut saling bertolak belakang yang dibentuk oleh perpotongan dua garis. Contohnya sudut m dan n pada gambar.
  3. Sudut-sudut komplementer, yaitu dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya tepat 90 derajat. Contohnya sudut o dan p pada gambar.
  4. Sudut-sudut supplementer, yaitu dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya 180 derajat. Contohnya sudut q dan r pada gambar.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *