Pengertian Nilai Sinus, Cosinus, dan Tangent suatu Sudut

Pengertian Sinus suatu Sudut
Perhatikan segitiga siku-siku di bawah ini. Pada segitiga tersebut, x adalah sisi horizontal (sisi datar), y adalah sisi vertikal, dan r adalah sisi miring.

Rumus sinus

Berdasarkan gambar segitiga siku-siku tersebut, maka definisi nilai sinus suatu sudut adalah perbandingan panjang sisi vertikal di depan sudut dengan panjang sisi miring segitiga tersebut. Penulisan sinus pada persamaan disimbolkan dengan tulisan  “sin”. Nilai sinus sudut antara 0 sampai 1. Hubungan antara besarnya sudut dengan nilai sinus sudut tersebut ditampilkan pada grafik sinus di bawah ini.

Grafik sinus

Pengertian Cosinus suatu Sudut
Pengertian nilai cosinus suatu sudut dapat dipahami dengan memperhatikan segitiga siku-siku berikut.

Rumus cosinus

Berdasarkan gambar segitiga siku-siku tersebut, maka definisi nilai sinus suatu sudut adalah perbandingan panjang sisi horizontal di depan sudut dengan panjang sisi miring segitiga tersebut. Penulisan cosinus pada persamaan disimbolkan dengan tulisan “cos”.Nilai cosinus sudut antara 0 sampai 1. Hubungan antara besarnya sudut dengan nilai cosinus sudut tersebut ditampilkan pada grafik cosinus di bawah ini.

Grafik cosinus

Pengertian Tangent suatu Sudut
Pengertian nilai tangent suatu sudut dapat dipahami dengan memperhatikan segitiga siku-siku berikut.

Rumus tangent

Berdasarkan gambar segitiga siku-siku tersebut, maka definisi nilai tangent suatu sudut adalah perbandingan panjang sisi vertikal di depan sudut dengan panjang sisi horizontal segitiga tersebut. Penulisan tangent pada persamaan disimbolkan dengan tulisan “tan” atau “tg”. Nilai tangent sudut antara -∞ sampai ∞. Hubungan antara besarnya sudut dengan nilai tangent sudut tersebut ditampilkan pada grafik tangent di bawah ini.

Grafik tangent

Pengertian Arcus Sinus, Arcus Cosinus, dan Arcus Tangent
Arcus sinus adalah besaran sudut dari nilai sinus yang diketahui. Misalnya nilai sinus dari 30 derajat (sin 30o) adalah 0,5 maka arcus sinus dari 0,5 adalah 30 derajat. Demikian pula dengan arcus cosinus, dan arcus tangent masing-masing adalah adalah besaran sudut untuk nilai cosinus dan tangent yang diketahui. Dengan kata lain arcus sinus, arcus cosinus, dan arcus tangent adalah besaran sudut. Penulisan arcus disimbolkan dengan tulisan “arc” sehingga arcus sinus, arcus cosinus, dan arcus tangent ditulis sebagai arc-sin, arc-cos, dan arc-tan (arc-tg).

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *