Satu Nautical Mile (Mil Laut) Berapa Kilometer?

Pengertian Nautical Mile (Mil Laut)
Apa yang dimaksud nautical mile (mil laut)? Nautical mile atau mil laut adalah satuan jarak yang digunakan dalam bidang penerbangan dan pelayaran. Satuan nautical mile (mil laut) didasarkan pada jarak keliling planet bumi. Jika anda memotong bola bumi pada garis katulistiwa maka anda akan mendapatkan lingkaran keliling bumi pada penampang bola bumi. Lingkaran keliling bumi terdiri dari 360 derajat dimana satu derajat adalah 60 menit. Satu menit busur planet bumi disebut 1 nautical mile.

Kapal laut

 

Definisi Nautical Mile
1 nautical mile adalah jarak satu menit busur lingkaran planet bumi.

Definisi Knot
Knot adalah satuan kecepatan perjalanan udara atau laut yang setara dengan nautical mile per jam. Jika sebuah kapal laut melaju dengan kecepatan 1 nautical mile/jam, maka dikatakan kecepatannya 1 knot.

Konversi Satuan Nautical Mile ke Satuan Kilometer
Satu nautical mile sama dengan 1,852 kilometer  atau 1.852 meter. Satu nautical mile sama dengan 1,15078 mil.

Singkatan Satuan Nautical Mile
Satuan nautical mile biasa disingkat dengan huruf M, NM, nm atau nmi. Organisasi hidrografi internasional (International Hydrographic Organization) dan biro internasional untuk berat dan pengukuran (International Bureau of Weights and Measures) menggunakan M sebagai singkatan dari nautical mile. Sedangkan organisasi penerbangan sipil internasional (Internasional International Civil Aviation Organization) menggunakan NM sebagai singkatan dari nautical mile. Satuan nm atau satuan nmi juga seringkali digunakan sebagai singkatan dari nautical mile.

Penggunaan Satuan Nautical Mile
Satuan nautical mile bukan merupakan satuan SI (sistem satuan Internasional). Satuan nautical mile sering digunakan untuk menyatakan ukuran jarak dalam penerbangan, pelayaran, penjelajahan kutub, dan sistem navigasi lainnya. Nautical mile juga digunakan dalam bidang hukum dan perdagangan internasional terutama dalam menentukan batas wilayah laut.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *