Satuan Sen dalam Mata Uang

Nilai Sen dalam Mata Uang
Sen atau “cent” biasa digunakan sebagai satuan terkecil dari mata uang. Secara etimologi (asal usul kata) kata cent berasal dari bahasa Latin “centum” yang berarti ratus. Satu sen artinya seperseratus (1/100) bagian dari satuan mata uang standar. Satu sen dollar sama dengan seperseratus dollar (1/100 dollar atau 0,01 dollar).  Satu sen rupiah sama dengan 0,01 rupiah

Simbol sen

Penulisan Sen
Selain penulisan kata sen, anda juga dapat menulis mata uang yang menyatakan sen sebagai dua angka di belakang koma. Contohnya 150 dollar dan 15 sen dapat ditulis sebagai 150,15 dollar.

Dalam penulisan angka mata uang standar yang melibatkan nilai sen, penulisan angka yang menunjukkan nilai sen dalam bentuk angka desimal dipisahkan dengan separator dari angka yang menujukkan nilai mata uang standar. Penulisan separator ini ada dua bentuk yaitu menggunakan tanda koma (,) atau menggunakan tanda titik (.). Beberapa negara menggunakan tanda koma sebagai separator untuk menuliskan bilangan pecahan dan menggunakan tanda titik sebagai separator ribuan, contohnya Rp 145.220,23. Beberapa negara lainnya menggunakan tanda titik untuk menuliskan bilangan pecahan desimal dan menggunakan koma sebagai separator ribuan, contohnya $ 23,145.15.

Penggunaan Pecahan Mata Uang Sen
Meskipun setiap mata uang dapat dipecah dalam satuan seperseratus, namun tidak semua negara menggunakan mata uang pecahan dalam satuan sen atau senilai dengan 1/100 mata uang dasar. Hal ini disebabkan karena nilai mata uang dalam satuan seperseratus mata uang dasar mungkin terlalu kecil nilai tukarnya sehingga tidak pernah digunakan dalam transaksi ekonomi. Indonesia pernah menggunakan mata uang sen sebelum era orde baru.

Penggunaan Satuan Sen pada Mata Uang di Berbagai Negara
Kebanyakan mata uang di berbagai negara menggunakan satuan “cent” sebagai satuan fraksi 1/100 satuan mata uang standar antara lain pada mata uang dollar Australia, dollar Bahama, dollar Belize, dollar Bermuda, dollar Canada, dollar Kepulauan Cayman, dollar Karibia Timur, euro Eropa, dollar Guyana, dollar Hong Kong, dollar Jamaica, shilling Kenya, dollar Liberia, rupee Mauritania, dollar Namibia, Antillean gulden Belanda, dollar New Zealand, leone SierraLeone, dollar Singapura, rand Afrika Selatan, rupee Srilanka, dollar Suriname, shilling Tanzania, dollar Trinidad dan Tobago, shilling Uganda, dollar Amerika Serikat, dan dollar Zimbabwe.

Uang lama 25 sen

Beberapa mata uang menggunakan nama lain untuk fraksi mata uang yang diturunkan dari nama “cent”. Berikut beberapa nama satuan fraksi mata uang yang diturunkan dari nama “cent”.
– sen pada mata uang rupiah Indonesia, ringgit Malaysia, dan  dollar Brunei
– centavo pada mata uang peso Argentina, boliviano Bolivia, real Brazil, peso Cuba, peso Mexico, dan peso Filipina
– centesimo pada mata uang balboa Panama, dan peso Uruguay.
– sent pada mata uang kroon Estonia
– centas pada mata uang litas Lithuania
– santim pada mata uang dirham Maroko
– centime pada mata uang Nuevo sol Peru

Tidak semua negara menggunakan fraksi satuan mata uang. Negara yang tidak menggunakan fraksi satuan mata uang dasar misalnya Jepang dan Korea. Beberapa negara lainnya menggunakan nama tersendiri untuk fraksi satuan mata uang senilai dengan sen misalnya pence pada mata uang pound Inggris, paise pada mata uang rupee India, fil pada mata uang dinar Kuwait, kopek pada mata uang ruble Russia, dsb.

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *