Standar Waktu Universal UTC

Pengertian UTC (Coordinated Universal Time)
UTC (coordinated universal time) adalah dasar patokan waktu sipil untuk seluruh dunia. UTC menjadi standar waktu 24-jam yang menjaga agar skala waktu di seluruh dunia terkoordinasi secara sinkron. UTC menggunakan dua komponen waktu yaitu waktu atom internasional (international atomic time, ITA) dan waktu universal (UT1). UT1 disebut juga waktu bumi atau waktu matahari dan didasarkan pada rotasi bumi.

Simbol jam

Sejarah Penggunaan UTC
Sebelum dikenal istilah UTC, telah dikenal terlebih dahulu istilah UT (universal time). UT ditetapkan pada “Wahington Meridian Conference” tahun 1884, yang kemudian menjadi dasar zona waktu (time zone) yang berlaku sekarang. Pada saat itu, Greenwich Mean Time (GMT) dipilih sebagai standar waktu dunia. Garis referensi atau titik awal (Prime Meridian) yang tetapkan adalah lingkaran transit (transit circle) pada Royal Observatory di Greenwich, London). Lingkaran transit adalah suatu bagian dari sistem mekanik teleskop tersebut.

Pada tahun 1960, International Consultative Committee memformalkan konsep UTC, dan secara praktek berlaku tahun berikutnya. Nama Coordinated Universal Time secara resmi dipakai tahun 1967.

Mengapa Digunakan Singkatan UTC?
UTC disesuikan beberapa kali sampai tahun 1972, saat detik-detik lompatan diperkenalkan untuk menjaga UTC sejalan engan rotasi bumi. Jika mengikuti aturan singkatan huruf depan maka dalam bahasa Inggris, Coordinated Universal Time eharusnya disingkat CUT. Sedangkan dalam bahasa Perancis, Temps Universel Coordonné yang disingkat TUC. Terminologi UTC untuk mendekatkan dengan terminologi awal UT telah dipakai sebelumnya.

Perbedaan UTC dengan GMT
Pada awalnya GMT digunakan sebagai waktu universal (universal time, UT) sampai dengan tahun 1972. Sekarang GMT digunakan sebagai zona waktu. GMT adalah zona waktu sedangkan UTC adalah standar waktu. Jam 00:00 GMT setara dengan jam 07:00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat). Waktu Indonesia bagian Barat berdasarkan standar adalah UTC+7.

Format UTC untuk Menyatakan Waktu
UTC digunakan untuk menujukan perbedaan waktu dunia berdasarkan standar. Waktu relatif suatu wilayah dapat dinyatakan sebagai TUC+n atau TUC-n, dimana n adalah perbedaan jam. Berikut beberapa contoh penggunaan standar UTC untuk menunjukkan waktu di beberapa wilayah.

London, UTC + 00.00
Washington, UTC – 08.00
Canberra, UTC + 10.00
Jakarta, UTC + 07.00
Paris, UTC + 01.00
Tokyo, UTC + 09.00
New Yor, UTC – 05.00
Adelaide, UTC + 09.30
Pyongyang, UTC + 08.30
Kathmandu, UTC + 05.45
Vancouver, UTC – 08.00
Auckland, UTC + 12.00
Buenos Aires, UTC – 03.000

Waktu Indonesia dalam Format UTC
Wilayah Indonesia terbagi dalam 3 zona waktu.

  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), UTC + 08.00
  • Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), UTC + 09.00
  • Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT), UTC + 10.00

Leave A Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *