Tangga Satuan Liter

Tangga Satuan LiterBesaran volume (isi) benda dapat dinyatakan dalam berbagai satuan volume seperti meter kubik, liter, kaki kubik, gallon, dan lain sebagainya. Satuan volume dalam sistem internasional (SI) adalah meter kubik. Memahami tentang satuan volume dapat membantu kita memperkirakan jumlah volume benda dalam suatu ruang atau wadah. Kita akan lebih mudah membayangkan seberapa banyak air 1 liter daripada membayangkan seberapa banyak air 1 gayung.

Meskipun satuan liter bukan merupakan satuan SI tetapi sangat populer dan banyak digunakan sebagai satuan volume. Satuan liter memiliki kesetaraan langsung dengan satuan SI yaitu 1 liter sama dengan 1 decimeter kubik. Satuan liter biasanya lebih populer digunakan untuk menyatakan volume benda cair, benda gas, dan benda padat dalam bentuk butiran (beras, jagung, pupuk, dsb).

Tangga konversi satuan volume berbasis liter atau yang biasa disebut tangga satuan liter adalah grafik yang menunjukkan urutan satuan volume berbasis liter secara bertingkat. Tangga konversi satuan liter ini sangat bermanfaat untuk memudahkan pemahaman tentang hubungan antara satuan-satuan volume berbasis liter.

Konversi Satuan Volume
Konversi satuan adalah mengubah dari sebuah satuan ke satuan lainnya. Ada beberapa satuan volume yang berbeda yang berbasis liter antara lain kiloliter, hektoliter, dekaliter, deciliter, centiliter, milliliter, dan lain sebagainya. Kalau kita membeli BBM (bahan bakar minyak) misalnya minyak solar maka volumenya dinyatakan dalam liter. Obat-obat cair misalnya sirup obat batuk dinyatakan dalam satuan milliliter. Mengubah dari satuan dari liter ke milliliter atau sebaliknya disebut konversi satuan.

Konversi satuan biasanya dilakukan untuk menyederhanakan satuan, misalnya angka yang besar disederhanakan dengan menggunakan satuan yang lebih besar. Contohnya 2.000 liter air disederhanakan menjadi 2 kiloliter air. Konversi satuan juga dilakukan untuk mengikuti satuan standar. Selain itu konversi satuan juga dilakukan agar lebih mudah dipahami, contohnya orang akan lebih mudah membayangkan sejumlah 1/2 liter air daripada 50 deciliter air padahal volumenya sama.

Manfaat Tangga Konversi Satuan Liter
Tangga konversi satuan liter bisa membantu mempermudah pemahaman mengenai satuan satuan volume berbasis liter. Berikut ini beberapa manfaat tangga konversi satuan liter.
1. Menunjukkan nama-nama satuan volume berbasis liter
2. Menunjukkan urutan satuan volume berbasis liter
3. Menunjukkan faktor konversi (faktor pengali) satuan volume berbasis liter
4. Menjadi rujukan dalam konversi satuan volume berbasis liter

Simbol-Simbol Satuan Volume Berbasis Liter
Satuan volume (satuan isi) biasa ditulis menggunakan simbol satuan. Simbol satuan volume berbasis liter merupakan singkatan huruf-huruf pada satuan tersebut. Simbol-simbol tersebut antara lain sebagai berikut.
kl = kiloliter
hl = hektoliter
dal = dekaliter
l = liter
dl = deciliter
cl = centiliter
ml = milliliter

Tangga Konversi Satuan Liter

Tangga Konversi Satuan Liter

Tangga konversi satuan liter berisi urutan satuan liter secara berurutan dengan faktor konversi 10. Faktor konversi satuan liter adalah sebagai berikut.
1 kl = 10 hl
1 hl= 10 dal
1 dal = 10 l
1 l = 10 dl
1 dl = 10 cl
1 cl = 10 ml

Cara Menggunakan Tangga Satuan Liter
Berikut ini cara menggunakan tangga satuan liter.

  1. Satuan volume berbasis liter paling besar berada di posisi paling atas. Satuan volume berbasis liter paling kecil berada di posisi paling bawah.
  2. Konversi ke satuan yang lebih tinggi satu tingkat, dibagi 10. Konversi ke satuan yang lebih rendah satu tingkat, dikali 10.
  3. Konversi ke satuan yang lebih tinggi dua tingkat, dibagi 10 dua kali (dibagi 100). Konversi ke satuan yang lebih rendah dua tingkat, dikali 10 dua kali (dikali 100).
  4. Konversi ke satuan yang lebih tinggi tiga tingkat, dibagi 10 tiga kali (dibagi 1.000). Konversi ke satuan yang lebih rendah tiga tingkat, dikali 10 tiga kali (dikali 1.000).
  5. Dan seterusnya.

Contoh Cara Menggunakan Tangga Satuan Liter
Berikut beberapa contoh soal cara mengubah satuan volume menggunakan tangga konversi satuan liter.

Contoh Soal 1
Soal: Sebuah truk tangki mengangkut 5 kiloliter minyak solar. Berapa liter minyak solar yang diangkut oleh truk tangki tersebut?
Jawab:

Contoh Soal 1 Konversi kl ke l

1 kl = 1.000 l
5 kl = 5 x 1.000 l = 5.000 l
Jadi minyak solar yang diangkut truk tangki tersebut adalah 5.000 liter

Contoh Soal 2
Soal: Diketahui satu botol air mineral berisi 600 ml. Berapa volume air mineral dalam botol tersebut dalam liter?
Jawab:

Contoh Soal 2 Konversi ml ke l

1 ml = 1:1.000 ml
600 ml = 600:1.000 l = 0,6 l
Jadi volume air mineral dalam botol tersebut adalah 0,6 liter

Contoh Soal 3
Soal: Diketahui 1 kaleng cat berisi 2,5 liter. Berapa ml volume cat dalam kaleng tersebut?
Jawab:

Contoh Soal 3 Konversi l ke ml

1 l = 1.000 ml
2,5 l = 2,5 x 1.000 ml = 2.500 ml
Jadi volume cat dalam kaleng tersebut adalah 2.500 ml

Contoh Soal 4
Soal: Sekarung beras berisi 2,5 dekaliter. Berapa deciliter volume beras tersebut?
Jawab:

Contoh Soal 4 Konversi dal ke dl

1 dal = 100 dl
2,5 dal = 2,5 x 100 = 250 dl
Jadi volume volume beras dalam karung tersebut adalah 250 dl

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *