1 Kg Beras Berapa Liter?

Beras literan

Kuantitas benda dapat dinyatakan dalam besaran berat, besaran volume, atau satuan (unit). Penggunaan satuan kuantitas tersebut sangat bergantung pada ukuran, sifat benda, dan kebiasaan. Beberapa benda khususnya produk atau barang yang diperjualbelikan dapat dinyatakan dengan besaran yang berbeda.

Beras adalah produk pangan dapat ditakar dengan volume atau berat. Kedua satuan ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam proses menakarnya. Beras dalam kuantitas yang sedikit sangat mudah ditakar dengan takaran liter. Jika kuantitasnya banyak, maka tidak praktis menggunakan takaran liter.

Bagaimana cara mengkonversi satuan kilogram ke liter? Kilogram adalah satuan berat sedangkan liter adalah satuan volume. Dalam hal ini konversi satuan dapat dilakukan dengan melibatkan faktor konversi berat ke volume.

 

Densitas Beras

Untuk mengkonversi satuan berat ke satuan volume diperlukan faktor konversi yang disebut densitas atau berat jenis. Berat jenis adalah perbandingan berat per satuan volume. Berat jenis beras bervariasi bergantung pada jenis varietasnya.

Beras bulog kemasan karung 50 kg

Densitas beras bervariasi umumnya antara 0,7 kg/liter – 0,8 kg/liter. Jika suatu varietas beras memiliki densitas 0,7 kg/liter artinya setiap liter beras tersebut beratnya 0,7 kilogram. Dalam hal ini densitas yang digunakan disebut densitas bulk yaitu densitas satu takaran.

Densitas bulk disebut juga bobot isi, atau bobot volume. Densitas bulk adalah perbandingan massa dengan volume benda tanpa mempertimbangkan adanya ruang udara di dalam benda tersebut. Densitas bulk beras adalah massa 1 takaran beras dibandingkan volume satu butir beras. Densitas murni beras adalah massa satu butir beras dibandingkan dengan volume satu butir beras.

 

Konversi Satuan Kg ke Liter

Diketahui densitas atau berat jenis adalah berat per satuan volume. Rumus densitas adalah D = m/V. Dimana D adalah densitas, m adalah berat, V adalah volume.

Dari rumus densitas tersebut maka, volume benda dapat dihitung dengan rumus:

V = m/D

Yang perlu diperhatikan dalam perhitungan koversi satuan kg ke satuan liter adalah kesesuaian satuan. Dalam hal ini harus dipastikan bahwa densitas harus dalam satuan kg/liter.

Beras dijual perliter atau perkg

 

Berapa Liter 1 kg Beras?

Diketahui beras varietas A memiliki densitas 0,75 kg/liter. Dengan menggunakan rumus konversi kg ke liter di atas maka 1 kg beras beratnya dapat dihitung dengan cara berikut.

M = 1 kg

V = 0,75 kg/liter

V = m/D = 1/0,75 = 1,33 liter

Jadi volume 1 kg beras varietas A adalah 1,33 liter.

 

Contoh Perhitungan Konversi Satuan Kg ke Liter

Diketahui beras varietas A memiliki densitas 0,72 kg/liter. Satu kantong beras tersebut beratnya 5 kg. Berapa liter isi kantong beras tersebut?

m = 5 kg

D = 0,72 kg/liter

V = m/D = 5/0,72 = 6,94 liter

Jadi volume kantong beras tersebut adalah 6,94 liter.