Angka 1 Sampai 100 dalam Bahasa Minang (Bahasa Padang)

Angka 17 dalam bahasa minang

Suku Minangkabau atau biasa disingkat suku Minang adalah masyarakat asli yang tinggal di daerah Sumatera Barat. Kadang suku Minangkabau disebut juga sebagai suku Padang. Penyebutan suku Padang kurang tepat karena Padang adalah nama satu kota yang menjadi ibukota Sumetera Barat. Namun pada umumnya orang Minangkabau tidak keberatan disebut sebagi orang Padang karena secara terminologi orang lebih sering menyebut kata Padang untuk menyebut suku, budaya, atau wilayah Sumatera Barat.

Suku Minang adalah salah satu suku yang paling menonjol di Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang dari suku Minang. Orang Minang dikenal sebagai perantau, mereka memiliki mental untuk hidup bersaing di daerah lain di luar kampung halamannya. Orang Minang dikenal supel dan mudah bergaul. Mereka memiliki hubungan sosial kekerabatan yang sangat tinggi dengan sesama orang Minang di tempat perantauan.

Dalam hal budaya, suku Minang juga sangat menonjol. Budaya Minang seringkali mewakili budaya Indonesia untuk ditampilkan sebagai salah satu budaya nasional. Contoh budaya Minang yang menjadi kebanggaan budaya bangsa misalnya Rumah Gadang, Tari Piring, Sate Padang, dan dan lain sebagainya.

Salah satu budaya Minang yang sangat populer adalah bahasa Minang. Secara umum, bahasa Minang berakar pada bahasa Melayu. Oleh karena itu banyak kata dalam bahasa Minang yang mirip dengan bahasa Melayu dengan perubahan atau penambahan huruf vocal atau konsonan. Pola kamimat dalam bahasa Minang sama dengan pola kalimat dalam bahasa Melayu.

Jika anda tertarik belajar bahasa Minang atau bahasa Padang, anda dapat belajar dari orang padang dengan mempelajari kata-perkata. Sebagian orang hanya tertarik untuk mengenal cara penyebutan angka dalam bahasa Minang, untuk keperluan bisnis misalnya dalam menghitung barang atau menyebutkan harga barang saat transaksi dagang.

 

Angka-Angka Dasar dalam Bahasa Minang

Penyebutan angka dasar (yaitu angka 1 sampai 10) dalam Bahasa Minang.
1 = Ciek
2 = Duo
3 = Tigo
4 = Ampek
5 = Limo
6 = Anam
7 = Tujuah
8 = Lapan
9 = Sambilan
10 = Sapuluah

 

Penyebutan Angka 1 Sampai 100 dalam Bahasa Minang

Berikut penyebutan angka dari angka 1 sampai 100 dalam Bahasa Minang.

Angka 1 sampai 20 dalam bahasa minang

 

Angka 21 sampai 40 dalam bahasa minang

 

Angka 41 sampai 60 dalam bahasa minang

 

Angka 61 sampai 80 dalam bahasa minang

 

Angka 81 sampai 100 dalam bahasa minang

 

Untuk angka ratusan, berikut penyebutannya dalam bahasa Minang.
100 = Saratuih, Saratuh (Payakumbuh)
200 = Duo Ratuih
300 = Tigo Ratuih
400 = Ampek Ratuih
500 = Limo Ratuih
600 = Anam Ratuih
700 = Tujuah Ratuih
800 = Lapan Ratuih
900 = Sambilan Ratuih

Untuk angka ribuan, berikut ini penyebutannya dalam Bahasa Minang.
1.000 = Saribu, Saibu, Sibu
2.000 = Duo Ribu
3.000 = Tigo Ribu
4.000 = Ampek Ribu
5.000 = Limo Ribu
6.000 = Anam Ribu
7.000 = Tujuah Ribu
8.000 = Lapan Ribu
9.000 = Sambilan Ribu
10.000 = Sapuluah Ribu, Sapuluah Ibu
100.000 = Saratuih Ribu, Saratuih Ibu