Angka 1 Sampai 100 dalam Bahasa Sunda

Angka 8 Salapan Bahasa Sunda

Indonesia adalah negara uang kaya akan budaya. Hal ini karena penduduknya terdiri dari beragam suku. Masing-masing suku mungkin memiliki budaya daerah berbeda dengan budaya-budaya daerah lainnya.

Salah satu kekhasan budaya suatu daerah adalah bahasa daerah. Meskipun kita miliki bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan, namun bahasa daerah perlu dilestarikan bebagai bagian dari kekayaan budaya nasional. Oleh karena iru bahasa daerah tetap dipertahankan sebagai bahasa komunikasi sehari-hari masyarakat.

Salah satu bahasa daerah yang paling dominan terutama di pulau Jawa adalah bahasa Sunda. Oleh karena itu banyak orang yang tertarik untuk belajar bahasa Sunda terutama orang-orang pendatang yang tinggal di Jawa Barat. Di sekolah-sekolah di propinsi Jawa Barat, bahasa Sunda dimasukkan dalam kurikulum bahasa daerah agar generasi muda melestarikan bahasa daerah ini.

Salah satu jenis kosa kata yang banyak digunakan dalam bahasa Sunda dalam percakapan sehari-hari adalah angka atau bilangan. Menghapalkan angka-angka dalam bahasa Sunda tidak terlalu sulit. Pada dasarnya anda hanya perlu menghapalkan angka-angka dasar saja. Angka-angka yg lebih besar merupakan kombinasi dari angka-angka dasar dengam pola yang sangat mirip dengan penyebutan angka-angka dalam bahasa Infonesia.

 

Angka-Angka Dasar dalam Bahasa Sunda

Beberapa penyebutan angka dasar dalam bahasa Sunda mirip dengan penyebutan angka dalam bahasa Indonesia. Hal ini mempermudah untuk menghapalkan penyebutan angka-angka dalam bahasa Sunda. Berikut ini angka-angka dasar dalam bahasa Sunda.
1 = Hiji
2 = Dua
3 = Tilu
4 = Opat
5 = Lima
6 = Genep
7 = Tujuh
8 = Dalapan
9 = Salapan
10 = Sapuluh

 

Penyebutan Angka 1 Sampai 100 dalam Bahasa Sunda

Penyebutan angka dalam bahasa Sunda dari 1 sampai 100 selengkapnya adalah sebagai berikut.

Angka 1 sampai 20 bahasa sunda

Angka 21 sampai 40 bahasa sunda

Angka 41 sampai 60 bahasa sunda

Angka 61 sampai 80 bahasa sunda

Angka 81 sampai 100 bahasa sunda