Apa Itu Angka Lumen pada Lampu LED?

Bohlam lampu led philips

Saat ini lampu LED (light emitting diode) yang dikenal sebagai lampu hemat energi sangat populer. Hal ini karena lampu LED dapat memberikan cahaya lebih terang daripada lampu bohlam pijar maupun lampu neon konvensional untuk besaran watt yang sama. Karena ukuran penggunaan energi listrik dipengaruhi watt dan jam, tentu saja penggunaan lampu dengan watt yang lebih rendah akan menghemat kWh pemakaian listrik.

Perkembangan teknologi lampu telah menghasilkan inovasi yang menekankan pada fitur hemat energi. Produsen berusaha membuat lampu yang lebih terang dengan konsumsi energi listrik yang lebih sedikit. Ini memberikan keleluasaan konsumen untuk memilih lampu lampu yang lebih terang secara lebih hemat.

Ukuran standar yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa terang lampu dinyatakan dengan besaran yang disebut fluks cahaya. Satuan fluks cahaya dari suatu sumber cahaya adalah lumen. Jadi anda dapat membandingkan terangnya lampu dengan membandingkan angka lumen lampu tersebut, bukan angka watt-nya.

Bohlam lampu led philips 19w 2300lumen

 

Definisi Lumen

Lumen (lm) adalah satuan Sistem Internasional (SI) untuk besaran fluks bercahaya (kecerahan). 1 lumen didefinisikan sebagai jumlah cahaya yang dipancarkan ketika mempertimbangkan sudut ruang (solid angle) 1 steradian (sr), dari sumber yang melepaskan cahaya yang sama ke segala arah, dengan kekuatan 1 candela (cd). Satuan ini didefinisikan dalam steradian karena cahaya menyebar secara tiga dimensi, maka sudut harus diperhatikan.

Dalam pencahayaan LED, angka lumen adalah hasil pengukuran kecerahan cahaya. Ini berbeda dengan watt, yang mengukur jumlah energi dalam cahaya. Istilah lumen berarti “cahaya”, yang masuk akal jika anda memahami apa yang diukurnya. Dengan kata lain, lumen mengukur jumlah cahaya yang dipancarkan lampu LED. Semakin tinggi angka lumen, semakin terang cahayanya.

Bohlam lampu led hannochs 15w 1400lm dan 1800lm

 

Mengapa Lampu LED Diukur dalam Lumen?

Ukuran kecerahan cahaya lebih penting daripada ukuran energi dalam cahaya. Lampu pijar dan lampu neon tradisional diukur dalam watt, yang menunjukkan berapa banyak daya yang digunakan. Lebih besar angka watt sebuah lampu berarti cahayanya lebih terang.

Berkat inovasi teknologi lampu LED, industri lampu telah mengembangkan lampu listrik yang lebih terang. Itulah sebabnya ukuran terangnya cahaya lampu saat ini menggunakan angka lumen, bukan lagi watt. Namun demikian besaran watt tetap digunakan sebagai patokan perhitungan penggunaan daya listrik. Tuntutan teknologi masa depan adalah teknologi yang ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan teknologi hemat energi. Bagi anda sebagai konsumen, semakin hemat energi listrik yang anda gunakan maka akan semakin hemat biaya listrik yang ada bayar.

Bohlam lampu led osram 7w 806lm

 

Lumen Versus Watt

Lumen dan watt mengukur hal yang berbeda, jadi keduanya tidak bisa dibandingkan. Watt adalah besaran daya listrik yang digunakan alat listrik sedangkan lumen adalah besaran yang menunjukkan seberapa terangnya cahaya. Namun, anda dapat memperkirakan jumlah lumen yang akan dihasilkan oleh bohlam dengan watt tertentu. Bohlam lampu pijar konvensional yang menggunakan 100 watt untuk menghasilkan sekitar 1600 lumen. Lampu LED hanya menggunakan 15 watt menghasilkan angka lumen yang sama.

Bagi konsumen, yang paling mudah adalah membandingkan lampu dengan merk dan tipe yang sama. Untuk lampu dengan merk dan tipe yang sama, berlaku bahwa semakin besar angka watt maka semakin besar juga angka lumen, artinya semakin terang lampu tersebut. Sebagian orang bahkan tidak perlu mengamati seberapa besar angka lumen lampu, yang penting terangnya cukup dan terasa nyaman. Tentu saja, memahami tentang perbedaan angka watt dan angka lumen dapat membantu anda selaku konsumen untuk lebih bijak dalam memilih produk lampu yang tepat sesuai kebutuhan.