Apa Itu CBC (Complete Blood Count)?

Apa itu cbc complete blood count

Kesehatan adalah harta yang sangat berharga bagi setiap orang. Oleh karenanya harus dijaga dengan baik. Salah satu prinsip sederhana dalam menjaga kesehatan adalah menerapkan pola hidup sehat.

Namun pada kenyataannya setiap orang pasti pernah mengalami gangguan kesehatan. Mulai dari yang sedehana seperti batuk atau pilek sampai dengan yang serius seperti penyakit jantung dan stroke. Mengenali gejala gangguan kesehatan sangat membantu mendapatkan pengobatan yang lebih dini dan maksimal.

Cara terbaik untuk mengenali dan mengatasi masalah kesehatan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosa dengan mempelajari gejala yang anda alami dan berdasarkan pemeriksaan medis. Ada banyak cara dan metoda yang dilakukan dokter untuk mendiagnosa penyakit.

Salah satu bentuk diagnosa gangguan kesehatan adalah pemeriksaan laboratorium yang disebut CBC. CBC adalah singkatan dari complete blood count. Apa itu CBC dan untuk apa tes CBC dilakukan? Berikut penjelasannya.

Sampel darah pemeriksaaan cbc

 

Apa Arti CBC (Complete Blood Count)?

Secara harfiah complete blood count artinya hitung darah lengkap. Complete blood count (CBC) atau hitung darah lengkap atau hitung sel darah adalah tes darah yang mengukur berbagai komponen dan fitur darah antara lain sbb.

  • Sel darah merah, yang berperan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda.
  • Sel darah putih, yang berperan melawan infeksi dan penyakit lainnya. Ada lima jenis utama sel darah putih. Tes CBC mengukur jumlah total sel darah putih dalam darah. Tes berbeda yang disebut “CBC dengan diferensial” mengukur jumlah setiap jenis sel darah putih ini.
  • Trombosit, yang berperan menghentikan pendarahan dengan membantu darah membeku.
  • Hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Anda.
  • Hematokrit, ukuran berapa banyak darah terdiri dari sel darah merah.
  • Mean corpuscular volume (MCV), ukuran rata-rata ukuran sel darah merah.

Sampel darah untuk diperiksa

 

Untuk Apa Tes CBC Dilakukan?

CBC atau hitung darah lengkap adalah tes darah umum yang sering menjadi bagian dari pemeriksaan rutin. Dokter anda mungkin merekomendasikan hitung darah lengkap sebagai bagian dari pemeriksaan kondisi kesehatan tertentu atau untuk memantau kesehatan anda secara keseluruhan. Hitung darah lengkap dapat membantu mendeteksi berbagai gangguan kesehatan seperti infeksi, anemia, penyakit pada sistem kekebalan tubuh, kanker darah, atau kondisi medis lainnya. Tes ini harus dilakukan pada seseorang yang yang dicurigai memiliki kelainan darah.

 

Bagaimana Tes CBC Dilakukan?

Petugas medis akan mengambil sampel darah dari pembuluh darah di lengan anda, menggunakan jarum kecil. Setelah jarum dimasukkan, sejumlah kecil darah akan dikumpulkan ke dalam tabung reaksi atau vial. Anda mungkin merasa sedikit tersengat saat jarum masuk atau keluar. Rasa sakit ini biasanya hilang dalam waktu kurang dari lima menit.

Biasanya tidak diperlukan persiapan khusus untuk pemeriksaan darah lengkap. Tetapi jika dokter memesan tes lain (misalnya kadar glukosa darah) pada sampel darah anda, anda mungkin harus berpuasa (tidak makan atau minum) selama beberapa jam sebelum tes. Dokter akan memberi tahu anda jika ada instruksi khusus yang harus diikuti.

Pengukuran sampel darah dilakukan di lab menggunakan alat ukur sampel darah. Alat ukur sampel darah akan memberikan hasil pengukuran dalam bentuk angka-angka data pengukuran. Laporan hasil CBC atau hitung darah lengkap berupa angka-angka hasil pengukuran disertai angka-angka batas normal secara berdampingan untuk mempermudah interpretasi.

Tabung sampel darah

 

Apa Arti Hasil Tes CBC?

CBC atau hitung darah lengkap menghitung sel dalam darah. Ada banyak alasan mengapa angka hasil tes CBC anda mungkin tidak berada dalam kisaran normal, antara lain sbb.

  • Jumlah sel darah merah, hemoglobin, atau hematokrit yang tidak normal mungkin merupakan tanda anemia, penyakit jantung, atau terlalu sedikit zat besi dalam tubuh Anda.
  • Jumlah sel darah putih yang rendah mungkin merupakan tanda kelainan autoimun, kelainan sumsum tulang, atau kanker.
  • Jumlah leukosit yang tinggi mungkin merupakan tanda infeksi atau reaksi terhadap obat.

Jika salah satu angka hasil CBC tidak normal, tidak selalu berarti anda memiliki kondisi medis yang memerlukan perawatan. Diet, tingkat aktivitas, obat-obatan, periode menstruasi, kurang minum air putih, dan faktor lainnya dapat mempengaruhi hasil CBC. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mempelajari apa arti angka-angka hasil CBC anda.

CBC atau hitung darah lengkap hanyalah satu alat yang digunakan dokter untuk menilai kesehatan anda. Dokter akan mempertimbangkan riwayat medis anda, gejala, dan faktor lain untuk membuat diagnosa. Anda mungkin juga memerlukan tes tambahan.