Apa Itu Jam Tangan Chronograph?

Jam tangan seiko chronograph

Jam adalah alat penunjuk waktu yang juga dapat digunakan sebagai alat ukur waktu. Jam tangan adalah salah satu bentuk jam yang paling populer. Jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu tetapi juga sebagai gadget dan aksesoris personal yang dapat mempengaruhi penampilan sesorang.

Salah satu fitur yang terdapat pada banyak desain jam tangan modern adalah chronograph. Chronograph adalah fitur yang terdapat pada jam analog. Fitur ini pada dasarnya merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan dalam pengukuran waktu untuk berbagai keperluan.

Sebuah jam tangan chronograph mungkin dapat memberikan anda alat penunjuk waktu dengan fitur tambahan yang keren dan fungsional. Jika anda memiliki atau ingin memiliki sebuah jam chronograph pastikan anda mengerti apa itu fitur chronograph pada jam tangan tersebut. Berikut ini pembahasan meneganai jam tangan chronograph.

 

Apa itu Chronograph?

“Chronograph” secara harfiah diterjemahkan sebagai “pencatat waktu”, tetapi pada dasarnya berarti stopwatch. Chronograph pertama menggunakan pena untuk menandai waktu yang telah berlalu, tetapi chronograph modern menggabungkan stopwatch dan jam tangan standar. Jam tangan chonograph memiliki satu atau lebih lingkaran penujukan waktu yang lebih kecil di dalam lingkaran utama penujukan jam.

Jam tangan rolex chronometer

 

Kegunaan Jam Tangan Chronograph

Chronograph pertama diciptakan pada awal abad ke-17 oleh Louis Moinet, yang ia gunakan untuk melacak pergerakan astronomi. Raja Louis XVIII memesan sebuah chronograph pada tahun 1821 untuk mengukur jarak pacuan kuda. Namun, baru pada tahun 1930-an Breitling memperkenalkan “three-pusher style” (gaya tiga tombol) klasik, dan chronograph modern pun lahir.

Beberapa penggunaan jam tangan chronograph yang umum saat ini mencakup ketepatan waktu dan penghitungan kecepatan atau jarak. Pilot biasanya memakai chronograph, karena chronograph memberi mereka cara untuk menghitung kecepatan dan jarak terbang, sementara petugas kesehatan menggunakannya untuk mengukur detak jantung pasien.

Anda dapat menggunakan chronograph untuk berbagai keperluan pribadi. Fasilitas ini misalnya dapat anda manfaatkan untuk mengukur waktu saat berolahraga, memasak dengan oven, waktu tempuh perjalanan, dan lain sebagainya. Banyak orang memilih jam tangan chronograph demi estetika semata. Jadi anda tidak harus membeli jam tangan chronograph untuk fungsi teknisnya. Jam tangan chronograph memang keren bagi sebagian orang.

Dengan teknologi modern seperti komputer dan smartphone, mungkin lebih aman untuk mengatakan bahwa anda tidak memerlukan chronograph. Jika anda menginginkan jam tangan chronograph bukan karena fungsinya, itu lain cerita. Chronograph adalah bagian dari fitur jam tangan modern sekaligus bagian dari mode yang populer saat ini.

Jam tangan tissot chronograph

 

Cara Kerja Jam Tangan Chronograph

Chronograph menggunakan mekanisme khusus untuk beroperasi. Karena merupakan pengatur waktu analog, gerakan jam tangan chronograph lebih rumit daripada jam tangan standar. Sebagaimana jam konvensional, penunjukan waktu aktual tetap menggunakan piringan utama dengan jarum jam, jarum menit, dan jarum detik.

Jam tangan chronograph menggunakan tiga lingkaran tempilan untuk mengukur jam, menit, dan detik (tiga pengukuran chronograph standar). Tombol atas biasanya adalah tombol “start” dan “stop”, dan tombol bawah untuk “reset” (mengatur ulang) pengatur waktu. Namun letak tombol ini mungkin berbeda bergantung merk dan tipe.

 

Cara Menggunakan Jam Tangan Chronograph

Menggunakan jam tangan chronograph sangat mudah. Siapa pun yang pernah menggunakan stopwatch mekanis pasti terampil untuk menggunakan jam tangan chronograph. Pengguna jam digital umumnya juga memahami penggunaan stopwath yang merupakan fitur tipikal jam digital.

Untuk fungsi pencatatan waktu (stopwatch) anda menggunakan  tombol “start/stop”, dan tombol “reset”. Anda menekan tombol “start/stop” untuk memulai penghitung waktu dan menekannya sekali lagi ketika ingin menghentikannya. Anda menekan tombol “reset” untuk menyetel ulang stopwatch ke nol.

Jam tangan breitling chronometre automatic

 

Apa Perbedaan Chronometer dan Chronograph?

Istilah-istilah ini terkadang (salah) digunakan secara bergantian, tetapi chronometer dan chronograph adalah dua hal yang berbeda. Chronometer adalah sebutan yang diberikan untuk jam tangan yang telah lulus serangkaian tes yang dijalankan oleh Institut Pengujian Chonometer Resmi Swiss (Official Swiss Chronometer Testing Institute, OSTI). Jika jam tangan memenuhi standar akurasi OSCTI selama 15 hari, jam tangan tersebut akan diberikan sertifikasi Chronometer.